Yes, Pemkab Situbondo Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Katagori Madya
27 Sep
Yes, Pemkab Situbondo Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Katagori Madya

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) katagori Madya. Penghargaan bergengsi tersebut di dapat dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3) Republik Indonesia. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Situbondo Imam Hidayat menjelaskan, penilaian penghargaan APE yang dilakukan oleh Kementerian P3A Republik Indonesia sangatlah ketat. "Dimana ada tujuh indikator. Salah satunya adanya partisipasi masyarakat dalam pengarusutamaan gender (PUG) tersebut. Baik dalam perorangan maupun kelompok," ucapnya, Senin (27/9/2021).

Lebih lanjut, Imam Hidayat penghargaan APE tersebut menunjukkan bahwa Pemkab Situbondo telah berhasil mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan serta pemenuhan kebutuhan anak.

"Alhamdulillah dengan katagori Madya ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah (Pemda) Situbondo berkomitmen dalam pengarusutamaan gender," imbuhnya.

Menurut Imam Hidayat hal itu dapat dibuktikan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Situbondo sudah memiliki perencanaan responsif gender. 

"Misalnya di DP3A itu sudah melakukan pelatihan-pelatihan pemberdayaan perempuan. Kemudian di Dinas PUPR itu ada fasilitas penerangan jalan umum (PJU). Inikan sudah menunjukkan ramah terhadap perempuan dan anak ," tungkasnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi optimis kedepan Pemkab Situbondo bisa meraih penghargaan serupa namun dengan predikat yang lebih tinggi lagi. "Kami akan bekerja keras untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada kaum perempuan. Sehingga tidak ada lagi diskriminasi kepada mereka (kaum perempuan -red)," pungkasnya. (Humas).


Dibaca : 248X