Warga Situbondo Minta Bansos Ramadhan Bersama Rakyat 'Dilanjutkan'
17 Mar
Warga Situbondo Minta Bansos Ramadhan Bersama Rakyat 'Dilanjutkan'

SITUBONDO - Ratusan Warga Desa Bloro, Kecamatan Besuki meminta agar program bantuan sosial (Bansos) Ramadhan Bersama Rakyat dapat di lanjutkan. Hal tersebut mereka sampaikan langsung kepada Bupati Situbondo, Karna Suswandi di balai desa setempat, Sabtu, 16 Maret 2024.

"Kami berharap kepada Pak Karna supaya bantuan sembako untuk rakyat kurang mampu ini terus ada setiap tahunnya. Karena ini sangat membantu keluarga saya dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari," kata Asbiati, salah satu warga Desa Bloro penerima Bansos Ramadhan Bersama Rakyat.

Lebih lanjut, Asbiati mengungkapkan, di bulan Ramadhan ini harga kebutuhan pokok cenderung mengalami kenaikan harga. Oleh karena itu, ada Bansos Ramadhan Bersama Rakyat ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Alhamdulillah ya bantuan sembako dari Bapak Bupati ini bisa untuk memenuhi kebutuhan pokok selama beberapa hari. Tinggal beli ikan nya saja, walaupun itu tempe dan tahu yang penting berasnya ada aman," tegasnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi menyampaikan, program Ramadhan Bersama Rakyat ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Situbondo kepada masyarakat yang kurang mampu dari sisi ekonomi. "Oleh karena itu, pemerintah daerah membantu sembako kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Situbondo," ujarnya di Pendapa Arya Situbondo.

Pria yang akrab disapa Bung Karna menyampaikan, Ramadhan Bersama Rakyat merupakan program prioritas dirinya dan Nyai Khoirani semenjak menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Situbondo. "Ini sudah ketiga kalinya kami menyelenggarakan Ramadhan Bersama Rakyat. Alhamdulillah rakyat sangat antusias," bebernya.

Di sisi lain, Kepala Dinsos Situbondo, Timbul Surjanto menjelaskan, progam Ramadhan Bersama Rakyat di Tahun 2024 ini ada sekitar 26 ribu paket sembako yang diberikan kepada masyarakat. "Setiap sembako berisi beras, gula pasir, minyak goreng dan mie instan," tuturnya

Mantan Camat Kapongan ini mengatakan, penerima Bansos tersebut adalah masyarakat Kabupaten Situbondo yang terdaftar di Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) Bappeda Situbondo dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Kemensos RI.

"Bapak Bupati optimis program Ramadhan Bersama Rakyat ini bisa mengurangi angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Situbondo. Selain itu, juga untuk menekan inflasi daerah," pungkas Timbul.

Untuk diketahui, di hari keempat Ramadhan Bersama Rakyat Bupati Situbondo, Karna Suswandi menyalurkan Bansos sembako kepada ratusan warga di Desa Bloro, Langkap, Mojodungkol, Gunung Malang, Dawuhan, Mlandingan Kulon, Mlandingan Wetan, dan Bletok.

Kemudian Wabup Situbondo, Nyai Khoirani menyalurkan Bansos di Desa Besuki, Pesisir, Gunung Putri, Suboh, Buduan, Selomukti, Sumber Pinang, dan Trebungan.


(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 178X