Wabup Situbondo Apresiasi Atlet Selam Gelar Aksi Pungut Sampah di Pasput
13 Nov
Wabup Situbondo Apresiasi Atlet Selam Gelar Aksi Pungut Sampah di Pasput

SITUBONDO - Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj Khoirani mengapresiasi para atlet selam yang menggelar aksi membersihkan sampah plastik di tepi pantai dan di dasar laut Wisata Bahari Pasir Putih, Sabtu (13/11/2021). Sehingga bisa berdampak positif terhadap ekosistem wisata dambaan masyarakat di Kota Santri Pancasila tersebut.

"Terimakasih kepada para atlet selam yang berkontribusi nyata terhadap kebersihan lingkungan di kawasan wisata bahari Pasir Putih ini," ujar wabup saat membuka ajang Kejurda.

Perempuan asal Kecamatan Besuki ini mengatakan, Pasir Putih adalah aset Pemkab Situbondo. "Wisata bahari ini memang indah. Dengan gelaran event di pantai ini, saya yakin roda perekonomian di Situbondo akan bergerak maju," ucapnya.

Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa Nyai Khoi ini mendoakan keselamatan para atlet selam yang sedang bertanding. "Buat para atlet selam, selamat bertanding. Junjung tinggi sportivitas. Dan semoga acara ini lancar dan memberikan manfaat bagi kita semua," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Timur, Mirza Muttaqin menerangkan, kegiatan tersebut menandai ajang Kejurda selam nomor laut yang digelar oleh POSSI Jawa Timur, bekerja sama dengan Pemkab Situbondo. "Kami ingin setiap event selam diawali dengan bersih-bersih pantai dan laut, karena sampah plastik dapat merusak biota laut," jelasnya.  

Mirza Muttaqin optimis kegiatan bersih-bersih sampah laut tersebut bisa mengedukasi masyarakat untuk menjaga laut dari sampah, terutama sampah plastik. "Bersih-bersih pantai dan laut ini adalah sebuah inisiasi yang pertama. Kami harapkan ini menjadi sebuah gerakan yang dilakukan setiap ada kegiatan kejuaraan," tuturnya.

Mirza menerangkan ada 20 penyelam yang terlibat aksi memungut sampah di kedalaman hingga 10 meter. "Sampah yang dibersihkan rata-rata sampah plastik, seperti botol air minum, masker, tempat makanan dan lainnya," pungkasnya. (Humas & Protokol).


Dibaca : 209X