Vidcon Percepat Vaksinasi, ini Pesan Presiden Jokowi Kepada Forkopimda
18 Feb
Vidcon Percepat Vaksinasi, ini Pesan Presiden Jokowi Kepada Forkopimda

SITUBONDO - Presiden RI, Ir. Joko Widodo menggelar video conference (Vidcon) percepatan vaksinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di 17 Provinsi, Jumat (18/2/2022). Mantan Gubernur DKI Jakarta ini ingin mengetahui progres kegiatan tersebut di tiap daerah.

Jokowi sapaan akrabnya menyampaikan, pihaknya meminta kepada Forkopimda untuk memprioritaskan vaksinasi dosis kedua dan ketiga atau booster kepada masyarakat. Sebab mayoritas daerah capaian vaksinasi dosis pertamanya sudah ada diangka 70 persen.

“Saya minta kepada seluruh kepala daerah baik itu di provinsi, kabupaten, maupun kota untuk fokus disuntikan kedua dan booster. Karena masih banyak daerah yang capaiannya dibawah 60 persen. Harapannya bisa mengejar yang dosis pertama,” ucap Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor.

Presiden dua periode ini mengatakan, jajaran Forkopimda juga harus memprioritaskan vaksinasi untuk masyarakat kalangan lanjut usia (Lansia).

“Saya lihat data terakhir yang saya terima 69 persen yang korban meninggal karena terpapar virus Corona varian Omicron adalah kalangan Lansia, sisanya mereka yang belum divaksin. Ini perlu menjadi perhatian kita semua,” imbuhnya.

Lebih jauh, Jokowi menjelaskan, ada dua cara untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona varian Omicron. Yaitu mempercepat vaksinasi Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan, khususnya memakai masker.

“Bagi masyarakat yang sudah di vaksin dosis kedua atau booster bila terpapar virus Corona varian Omicron mereka masuk katagori OTG atau gejala ringan. Jadi tidak sampai berat. Maka dari itu disinilah pentingnya vaksinasi,” tegasnya.

Mantan Wali Kota Solo ini menerangkan, khusus untuk vaksinasi booster, dirinya meminta agar dilaksanakan di tempat-tempat keramaian. Seperti pasar, mall dan tempat wisata.

“Utamakan disana. Mari semua bergerak bersama dalam percepatan vaksinasi ini dan jangan lupa ajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Sehingga pandemi Covid-19 ini segerah menjadi endemi. Dengan begitu kita bisa fokus kepada pemulihan ekonomi,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi menurut kan, data dari Satgas Covid-19 hingga tanggal 17 Pebruari kemarin, capaian vaksinasi dosis satu di wilayahnya ada diangka 76,91 persen.

“Untuk dosis kedua yang tanggal 8 Pebruari kemarin, waktu evaluasi bersama Ibu Gubernur, kita masih berada diangka yang terendah. Yakni 54 persen. Alhamdulillah sekarang sudah sampai 63 persen, namun itupun Situbondo masih di peringkat 4 dari bawah,” ucapnya saat mengikuti Vidcon dengan Presiden di MI Nurul Huda, Desa Gebangan, Kecamatan Kapongan.

Bupati 54 tahun ini mengungkapkan, capaian vaksinasi untuk Lansia juga mengalami peningkatan yang signifikan. “Untuk dosis kedua tanggal 8 Pebruari kemarin masih ada diangka 28 persen sekarang sudah 34 persen. Namun Bapak Presiden ingin ini segerah meningkat dan selesai,” pungkasnya.

Bapak dua anak ini menambahkan, pihaknya juga tengah fokus untuk mempercepat vaksinasi anak usia 6-11 tahun. “Saya minta Pak Kapolsek, Danramil, Camat dan Kapus untuk segera berkoordinasi dengan Korwil pendidikan setempat. Agar vaksinasi anak ini segera selesai juga,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi; Wabup, Nyai Hj Khoirani; Ketua TP-PKK, Hj Juma’ati Karna Suswandi; Kapolres, Andi Sinjaya; Dandim 0833, Letkol Inf Neggy Kuntagina; Kasi Intel Kajari, Loafika Ananta; Sekdakab, Syafullah, dan jajaran OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo. (Humas & Protokol).


Dibaca : 107X