Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94, Bupati Situbondo Sampaikan Amanat Menteri I Gusti Ayu Bintang Darmawati
22 Dec
Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94, Bupati Situbondo Sampaikan Amanat Menteri I Gusti Ayu Bintang Darmawati

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi, menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94 di Alun-alun Situbondo, Kamis (22/12/2022). Upacara tersebut mengusung tema 'Perempuan Berdaya, Indonesia Maju'.

 

Selain Bupati, acara itu dihadiri oleh Ketua TP-PKK Juma'ati Karna Suswandi; Jajaran Forkopimda; Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo dan Camat se-Situbondo.

 

Dalam kesempatan itu, pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini menyampaikan pesan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati. 

 

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan, peringatan hari ibu merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi pejuang perempuan Indonesia dari masa ke masa. Sebab kongres perempuan pertama di tahun 1928 yang menjadi tonggak perjuangan perempuan Indonesia dari perspektif kesetaraan gender, perbedaan peran perempuan dan laki-laki di Indonesia secara umum terlihat tidak terlalu tampak perbedaannya. 

 

"Meskipun masih ditemui isu gender di berbagai pembangunan, saat pandemi Covid-19 memperlihatkan bahwa peran perempuan mendapat beban lebih berat," ucap Bupati membacakan amanat Menteri PPPA Republik Indonesia. 

 

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh salah satu lembaga survei bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Indosat, bahwa pandemi Covid-19 telah memperparah kerentanan ekonomi perempuan dan ketidakrataan gender. Sehingga dapat mengancam upaya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs. 

 

"Namun kaum perempuan mampu mengambil peran pertama bergerak menghadapi pandemi Covid-19 ini sebagai penggerak sosial dengan membuat gerakan gotong royong. Perempuan bergerak mengatasi kondisi ekonomi. Diantaranya dengan memproduksi kebutuhan yang meningkat pada saat pandemi, seperti masker dan alat pelindung yang melibatkan banyak orang," tambah Bupati 55 tahun ini. 

 

Bahkan, lanjut Bung Karna, perempuan juga mengambil peran penting dalam memerangi pandemi Covid-19. Salah satunya dengan menjadi tenaga kesehatan untuk mencegah penyebaran virus mematikan tersebut. Sehingga melalui peringatan hari ibu ke-94 tahun 2022 ini, Menteri yang dikenal sebagai Bintang Puspayoga tersebut berharap bahwa perempuan-perempuan Indonesia di generasi masa kini dalam segala aktivitasnya tidak melupakan makna dari perjuangan perempuan Indonesia. 

 

"Di masa yang lalu, khususnya perempuan generasi milenial ayo masa ini adalah milik kalian mari warnai peringatan hari ibu dengan peran dan karya nyata bagi Indonesia tercinta," tutup Bupati membaca amanat Menteri PPPA Republik Indonesia. (Prokopim)


Dibaca : 147X