Uji Coba Bibit Padi BK 900, Bung Karna Perintahkan Dinas TPHP Siapkan Lahan 10.000 Hektar
09 Jun
Uji Coba Bibit Padi BK 900, Bung Karna Perintahkan Dinas TPHP Siapkan Lahan 10.000 Hektar

SITUBONDO - Setelah sukses dengan bibit padi BK 700, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo terus melakukan inovasi di bidang pertanian. Dalam waktu dekat Bupati Situbondo, Karna Suswandi akan melakukan uji coba bibit padi BK 900. Untuk mendukung program tersebut Orang nomor satu di Kota Santri ini telah menyiapkan lahan seluas 10.000 Hektar pada tahun 2022.

"Kita uji coba di lahan 20 Hektar dulu. Setelah itu, di perubahan alokasi keuangan (PAK) nanti Pak. Kadis harus sudah menyiapkan anggaran untuk bibit padi BK 900 ini. Dengan luasan lahan 10.000 Hektar khusus masa tanam tahun 2022," ucapnya, Rabu (9/6/2021).

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini optimis apabila uji coba tersebut berhasil, maka dapat meningkatkan kesejahteraan para petani padi di Kabupaten Situbondo. "Bila sukses, tentu ini dapat meningkatkan perekonomian petani padi," ujarnya.

 Lebih lanjut, orang nomor satu di Kota Santri ini meyakini uji coba bibit BK 900 berjalan sukses. "Kami yakin akan berhasil (uji coba bibit padi BK 900 -red)," tegasnya.

Selain itu, Pria 54 tahun ini mengungkapkan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan uji coba limba batu bara untuk diolah menjadi pupuk organik. Sehingga bisa mengurangi ketergantungan penggunaan pupuk urea. "Kami dapatkan secara gratis dari PLUT Paiton dan alatnya dapat dari Pak. Luhut Binsar Panjaitan," pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Situbondo, Sentot Sugiono siap melaksanakan arahan dari Bupati Karna Suswandi. "Dalam waktu dekat kami akan menerjunkan petugas PPL untuk melakukan pemetaan di kecamatan mana saja bibit padi BK 900 bisa ditanam dan tumbuh dengan baik," (Humas).


Dibaca : 102X