Uang Lembur hingga Kenaikan Honor, Janji Bung Karna kepada 524 Petugas Kebersihan
06 Mar
Uang Lembur hingga Kenaikan Honor, Janji Bung Karna kepada 524 Petugas Kebersihan

SITUBONDO - 524 Petugas Kebersihan dan Pemelihara Taman mendapat bantuan paket sembako serta uang tunai, Senin (6/3/2023). Pemberian tersebut sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo atas peran mereka dalam menjaga kebersihan, sehingga Kabupaten Situbondo memperoleh Trophy Adipura katagori Kota Kecil dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan pihaknya bakal mengalokasikan anggaran untuk uang lembur ratusan petugas kebersihan dan pemelihara taman. "Kata Pak Kadis DLH sekarang tidak ada uang lemburnya, apa benar? Kok bisa gak ada? Saya pastikan tahun 2023, mulai di PAK uang lembur untuk 524 petugas kebersihan dan pemelihara taman sudah masuk di dalam APBD. Pak Sekda, Kepala Bappeda saya minta dirumuskan di PAK," ujarnya.

Lebih lanjut, Bung Karna juga berencana menaikan honor petugas kebersihan dan pemelihara taman di tahun 2024. "Karena petugas kebersihan dan pemelihara taman ini tidak masuk dalam rencana PPPK, maka Pemerintah Kabupaten Situbondo terus memperhatikan kesejahteraannya. Maka di tahun 2024, sesuai sesuai pengajuan Pak Kadis nanti honornya akan saya tambah," tegas Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini.

Tidak cukup di situ, pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini menyampaikan, dirinya juga akal mengirim surat kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) agar petugas kebersihan dan pemelihara taman bisa masuk dalam rekrutmen PPPK.

"Pak Kepala BKPSDM, petugas kebersihan itu tidak masuk dalam rekrutmen PPPK benar? Buatkan saya surat kepada Kemenpan-RB agar petugas kebersihan itu juga dimasukkan dalam usulan PPPK, karena mereka itu pegawai juga yang memiliki kontribusi menjaga kebersihan dan keindahan kota di seluruh Indonesia," pungkasnya.

Oleh karena itu, Bung Karna berharap petugas kebersihan dan pemelihara taman bisa meningkatkan kinerjanya. Sehingga Kabupaten Situbondo kembali meraih Trophy Adipura di tahun 2023.

"Jangan sampai ketika diusulkan tidak dapat Adipura, usulannya nanti bisa tidak diterima oleh Kemenpan-RB," tambahnya.

Sementara itu, Kepala DLH Situbondo, Akhmad Yulianto, menjelaskan fokus penilaian Trophy Adipura Tahun 2022 adalah pengolaan TPA. "Alhamdulillah Pak Bupati, kita telah memiliki tiga TPA. Yakni di Sliwung untuk wilayah tengah, di wilayah timur ada di Asembagus, wilayah barat ada di Banyuglugur," ujar Mantan Kepala DPMPTSP Situbondo ini. (Prokopim)


Dibaca : 593X