Tingkatkan Pendapatan Petani Tembakau, Pemkab Situbondo Gelar Pelatihan Kerajinan Berbahan Rotan
12 Aug
Tingkatkan Pendapatan Petani Tembakau, Pemkab Situbondo Gelar Pelatihan Kerajinan Berbahan Rotan

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) setempat menggelar pelatihan pembuatan kerajinan tangan berbahan dasar limbah rotan sintetis. Acara tersebut diikuti oleh 25 petani tembakau yang mayoritas ibu-ibu dari tiga Kecamatan. Yakni Jangkar, Asembagus, dan Banyuputih.

 

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Situbondo, Hj. Juma'ati Karna Suswandi, mengatakan, dengan adanya pelatihan itu diharapkan bisa meningkatkan kreativitas peserta. Sehingga bisa meningkatkan pendapatan keluarga mereka.

 

"Saya optimis ibu-ibu ini bisa menjadi pengusaha pemula yang produktif, dan beretos kerja tinggi. Sasaran akhirnya terciptanya lapangan kerja yang produktif dan berkelanjutan," ujarnya.

 

Lebih lanjut, istri Bupati Situbondo ini berharap kepada para peserta pelatihan agar menularkan ilmu yang mereka dapat kepada masyarakat. "Khususnya bagi saudara-saudara kita yang belum punya pekerjaan, karena itu sangat bermanfaat," bebernya.

 

Sementara itu, Kadisnaker Situbondo, Didik Sulistiyono menjelaskan, kegiatan tersebut berlangsung mulai hari tanggal 12 sampai 23 Agustus 2022. "Untuk sumber anggaran acara ini berasal dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022," bebernya. 

 

Didik berpesan agar para peserta mengikuti acara tersebut dengan sungguh-sungguh dari awal hingga selesai. "Dengan begitu ilmu yang didapat ibu-ibu semua bisa maksimal. Sebab pelatihan ini mendatangkan narasumber yang berpengalaman di bidang kerajinan rotan sintetis," tutupnya. (Prokopim)


Dibaca : 42X