Tinggal Satu Kali Uji Coba, VUB Padi BK Situbondo Siap Diproduksi Massal
01 Aug
Tinggal Satu Kali Uji Coba, VUB Padi BK Situbondo Siap Diproduksi Massal

SITUBONDO - Bibit Varietas Unggul Baru (VUB) Padi BK Situbondo telah memasuki uji coba tahap ke dua. Yaitu uji lokasi. Itu artinya bibit padi tersebut tinggal satu kali uji coba lagi agar bisa diproduksi secara massal.

 

Untuk uji coba ke tiga nantinya VUB Padi BK Situbondo ditanam di rumah kaca yang diberi hama dan penyakit. Bila itu berhasil, maka sudah bisa diproduksi secara massal.

 

Bupati Situbondo Karna Suswandi, mengatakan, diuji coba ke dua ini VUB Padi BK Situbondo ditanam di empat lokasi. "Yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Untuk di Jatim ada di Situbondo, Blitar, Malang, serta Bojonegoro," ujarnya seusai memanen VUB Padi BK Situbondo, di Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Senin (1/8/2022). 

 

Lebih lanjut, Bung Karna menyampaikan, sejauh ini VUB Padi BK Situbondo bisa tumbuh dengan baik. "Untuk di Desa Gelung sendiri kami uji coba di 10 galur," imbuhnya.

 

Menurut Bung Karna, masa panen VUB Padi BK Situbondo antara 75 sampai 80 hari dari penanaman. "Sehingga nantinya masyarakat bisa menanam sampai hingga empat kali dalam setahun," tuturnya.

 

Sementara itu, Perwakilan BBPadi Balitbangtan Sumbang, Navisa menjelaskan VUB Padi BK Situbondo bisa menghasilkan sekitar 9 ton gabah per-hektarnya. "Keunggulan lainnya bibit padi ini lebih tahan terhadap hama dan penyakit," ucapnya.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Kadispertangan, Haryadi Tejo Laksono, Kadiskominfo, Dadang Aries Bintoro, Asisten 1 Setdakab, Kholil, dan Jajara Balitbangtan. (Prokopim)


Dibaca : 31X