Terdampak PPKM, 6000 Lebih Abang Becak dan PKL di Situbondo Bakal Dapat Bansos Tunai 300 Ribu
06 Aug
Terdampak PPKM, 6000 Lebih Abang Becak dan PKL di Situbondo Bakal Dapat Bansos Tunai 300 Ribu

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo bakal menyalurkan bantuan sosial (Bansos) tunai sebesar Rp 300 ribu kepada 6000 lebih abang becak dan pedagang kaki lima (PKL) yang ada di Kota Santri. Tujuannya untuk meringankan beban mereka selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, tahap pertama Pemkab Situbondo sudah menyalurkan Bansos tunai Rp 300 ribu kepada 317 abang becak yang mangkal di daerah kota dan sekitarnya. Kegiatan tersebut berlangsung di Gazebo Alun-alun Situbondo.

"Semoga bantuan ini (Bansos tunai Rp 300 ribu -red) bisa membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarganya. Penerima yang lain segera menyusul. Karena kita masih memverifikasi data penerima agar valid," ujarnya, Jumat (6/8/2021).

Mantan Kadis PUTR Kabupaten Lumajang ini mengungkapkan, sumber anggaran Bansos tunai Rp 300 ribu tersebut berasal dari belanja tak terduga (BTT) APBD Situbondo tahun 2021. "Kami bersama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) akan terus berkomitmen untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19," tegasnya.

Lebih lanjut, pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini meminta, kepada abang becak penerima Bansos tunai untuk berpartisipasi serta mensosialisasikan vaksinasi Covid-19. "Sampaikan kepada keluarga dan warga di lingkungan sekitar, bahwa vaksin itu aman dan halal untuk digunakan," imbuhnya.

Pria 54 tahun ini juga tak lupa mengajak abang becak untuk terus mematuhi protokol kesehatan Covid-19, dengan menerapkan 5M. Yaitu, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak satu sama lain, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Tujuannya untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus Corona di Kabupaten Situbondo. Sehingga kita bisa hidup normal kembali," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Wabup, Nyai Hj Khoirani, Kapolres AKBP Imam Rifai, Kajari, Iwan Setiawan, anggota Dandim 0823 dan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Situbondo. (Humas).


Dibaca : 32X