Tahun 2023, Pemkab Situbondo Bakal Pasang 948 Unit PJU
23 Mar
Tahun 2023, Pemkab Situbondo Bakal Pasang 948 Unit PJU

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Perhubungan (Dishub) bakal memasang 948 unit Penerangan Jalan Umum (PJU) di tahun 2023. PJU tersebut disebar di 17 kecamatan. Harapannya secara bertahap jalan-jalan di Situbondo menjadi terang benderang. 

 

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, melalui Kabid Sarpras pada Dishub Iwan Subhakti mengatakan, Pemkab Situbondo menggelontorkan anggaran hingga belasan miliar rupiah untuk merealisasikan program tersebut. "Anggaran sebanyak itu bersumber dari DAU (Dana Alokasi Umum -red) dan DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau -red) APBD Kabupaten Situbondo Tahun 2023," ujarnya, Kamis (23/3/2023). 

 

Iwan menyampaikan 948 unit PJU tersebut bakal dipasang di ruas Jalan PG Asembagus ke selatan; ruas Jalan Mimbo ke selatan; ruas Jalan Desa Curah Tatal; ruas Jalan Desa Jatisari; ruas Jalan Dusun Moncel; ruas Jalan Desa Juglangan; ruas Jalan Desa Plalangan; ruas Jalan Desa Widoro Payung; ruas Jalan Desa Demung; ruas Jalan Desa Langkap; ruas Jalan Dusun Pengabetan Barat; ruas Jalan Pasar Trebungan hingga Mlandingan Kulon. "Itu yang menggunakan anggaran DAU, dengan total PJU 272 unit," bebernya. 

 

Untuk yang menggunakan anggaran DBHCHT, kata Iwan tersebar di ruas Jalan Banongan; ruas Jalan PG Asembagus; lampu merah Asembagus ke selatan; ruas Jalan Desa Pesanggrahan; ruas Jalan Desa Curah Jeru; ruas Jalan Curah Tatal; ruas Jalan Desa Seletreng; ruas Jalan Kapongan; ruas Jalan Kecamatan Kendit; ruas Jalan PG Wringinanom ke utara; ruas Jalan Juglangan ke timur; ruas Jalan Polsek Mlandingan; Gapura Desa Widoro Payung; ruas Jalan Desa Tribungan hingga Desa Sumberanyar; ruas Jalan Kapongan ke utara; ruas Jalan Polsek Panji ke utara; dan ruas Jalan Desa Panji Los ke selatan; dan ruas Jalan Kecamatan Kapongan. "Total PJU yang akan kami pasang 363 unit," tegasnya. 

 

Lebih jauh, Iwan membeberkan, selanjutnya pemasangan PJU juga akan dilakukan di ruas Jalan Kelurahan Mimbaan; ruas Jalan Kecamatan Asembagus; ruas Jalan Anggrek-RSUD dr Abdoer Rahem-Desa Kandang hingga Wisata KK 26; ruas Jalan Kecamatan Bungatan; ruas Jalan Satpas hingga Desa Jatisari; ruas Jalan Pelabuhan Jangkar; ruas Jalan Pantura Tugu 1.000 kilometer; ruas Jalan Cenderawasih; ruas Jalan Hasan-Assegaf; ruas Jalan Seroja; dan ruas Jalan Wringinanom hingga PG Wringinanom. "Ini menggunakan anggaran tahun 2022 yang kami kerjakan di tahun 2023. Totalnya 313 unit PJU," tugasnya. 

 

Iwan menjelaskan, khusus pemasangan PJU yang menggunakan anggaran tahun 2022, pihaknya menargetkan selesai sebelum hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah. "Untuk yang anggaran DAU dan DBHCHT 2023 sudah selesai lelang. Kemudian untuk yang penunjukan langsung (PL) juga sudah kita lakukan," pungkasnya. (Prokopim Situbondo)


Dibaca : 497X