Sosialisasi Birulah dan Jamban Keluarga, Bupati Situbondo : Harus Tepat Sasaran
02 Jun
Sosialisasi Birulah dan Jamban Keluarga, Bupati Situbondo : Harus Tepat Sasaran

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi menghadiri acara sosialisasi program bangun rumah layak huni (Birulah) dan pembangunan jamban keluarga, Kamis (2/6/2022). Kegiatan tersebut berlangsung di Area Pelabuhan Besuki, Desa Pesisir.

 

Dalam kesempatan tersebut orang nomor satu di Kota Santri ini menegaskan, penerima bantuan program Birulah dan pembangunan jamban keluarga harus tepat sasaran. Yakni keluarga yang masuk dalam kategori kemiskinan ekstrim. 

 

"Untuk itu harus benar-benar diperhatikan. Jadi jangan sampai salah sasaran. Prioritaskan yang benar-benar membutuhkan," ucapnya.

 

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, anggaran program Birulah dan pembangunan jamban keluarga bersumber dari APBD tahun 2022. "Yakni dari dana alokasi umum (DAU) Pemkab Situbondo," tambahnya.

 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pemukiman (DPUPP) Situbondo, Ferry Herlambang mengungkapkan, tahun 2022 ada 660 unit jamban keluarga dan 942 Birulah yang akan dibangun oleh Pemkab Situbondo. "Itu kita peruntukan bagi keluarga yang masuk katagori kemiskinan ekstrim yang tersebar di 74 desa di 14 kecamatan di Situbondo," bebernya.

 

Ferry menjelaskan, Pemkab Situbondo bakal terus meningkatkan jumlah keluarga penerima bantuan program Birulah dan pembangunan jamban keluarga di tahun yang akan datang. "Karena target dari pemerintah pusat pada tahun 2024 kemiskinan ekstrim harus sudah tidak ada," pungkasnya.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Wabup Nyai Hj Khoirani, Ketua TP-PKK, Hj Juma'ati Karna Suswandi, Forkopimda, jajaran Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo, Forkopimka Besuki, dan para Kades. (Prokopim)


Dibaca : 515X