Sertijab Dihadiri Gubernur Jawa Timur, Bupati Bung Karna Sebut Akan Evaluasi Anggaran  
02 Mar
Sertijab Dihadiri Gubernur Jawa Timur, Bupati Bung Karna Sebut Akan Evaluasi Anggaran  

SITUBONDO- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan bahwa ada sejumlah pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan oleh Bupati Situbondo Bung Karna dan Wakil Bupati Nyai Khoirani. 

Mulai dari meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), menurunkan AKI dan AKB, meningkag pertumbuhan ekonomi yang terbilang masih di bawah angka rata-rata provinsi. 

"Kemudian menurunkan stunting, AKI dan AKB. Karena Presiden melihat kualitas SDM, daya saing dari AKI, AKB, dan stunting," ujarnya usai mengikuti Rapat Paripurna Serah Terima Jabatan dari Plh Bupati kepada Bupati Situbondo, di Pendopo setempat, Selasa (2/3/2021). 

Menanggapi hal ini, Bupati Situbondo Bung Karna mengakui bahwa memang banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan bersama-sama sebagaimana disampaikan oleh Gubernur. 

Untuk itu, katanya perlu langkah-langkah strategis yang harus dilakukan. 

"Tentu perlu hal-hal yang sifatnya strategis dilakukan," katanya. 

Bung Karna mengaku akan mengawali semua itu dengan mengevaluasi anggaran-anggara yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD).  

Nantinya, setiap kepala OPD harus memaparkan anggaran itu untuk apa, dan manfaatnya untuk masyarakat itu apa. 

"Sehingga anggaran itu betul-betul, sebesar-besarnya untuk masyarakat luas," ujarnya. 

Selanjutnya, akan berusaha mengehemat biaya operasional dan biaya rutin. Sehingga nantinya biaya itu bisa digunakan untuk biaya pembangunan yang mampu menjadi daya pengungkit untuk kesejahteraan masyarakat. 

"Bisa jadi daya pengungkit kesejahteraan masyarakat," tutupnya.(och)


Dibaca : 136X