Sekda Situbondo Resmikan Layanan Rawat Inap Jiwa RSUD dr. Abdoer Rahem
02 Mar
Sekda Situbondo Resmikan Layanan Rawat Inap Jiwa RSUD dr. Abdoer Rahem

SITUBONDO - RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo kini mempunyai unit layanan Rawat Inap Jiwa Anjasmoro. Layanan baru tersebut diresmikan langsung oleh Sekda Kabupaten Situbondo, Wawan Setiawan, Sabtu, 2 Maret 2024.

Selain unit layanan Rawat Inap Jiwa Anjasmoro, rumah sakit plat merah tersebut juga mempunyai dua unit layanan baru lainnya. Yaitu dental center dan gedung rekam medik.

Sekda Wawan mengatakan, adanya tiga unit layanan baru ini merupakan wujud nyata RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. "Untuk poli jiwa ini yang pertama di Kabupaten Situbondo. Sehingga masyarakat yang mengalami gangguan jiwa bisa dirawat di sini," ujarnya.

Wawan melanjutkan, dengan adanya layanan rawat inap jiwa ini diharapkan dapat menekan angka ganguan jiwa di Kabupaten Situbondo. "Dengan perawatan yang baik maka pasien dengan ganguan jiwa bisa sembuh sebagaimana sedia kala," imbuhnya.

Untuk itu, Wawan menghimbau kepada masyarakat yang mempunyai anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa sesegera mungkin untuk dibawa ke layanan Rawat Inap Jiwa RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo. "Di sini sudah dilatih tenaga-tenaga profesional, mulai dokter spesialisnya, para perawatnya sampai dengan SDM yang bertugas untuk memberikan ruangan ini," tegasnya.

Sementara itu, Direktur RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo, dr. Roekmy Prabarini Ario menjelaskan, unit layanan Rawat Inap Jiwa Anjasmoro dibangun pada tahun 2023. "Di poli jiwa ini ada 13 bed. 4 bed untuk pasien akut. Kemudian 3 bed perempuan dan 3 bed laki-laki. Dua ruangan VIP itu bisa digunakan untuk pasien yang jiwanya sudah tenang dan pasien napza," ucapnya.

dr. Roekmy mengungkapkan, layanan rawat inap jiwa di RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo dibuka mulai hari Sabtu, 2 Maret 2024. "Jadi setelah diresmikan oleh Bapak Sekda tadi langsung kita buka," pungkasnya.

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 84X