Rute Jangkar-Lembar Resmi Diuji Coba, ke Lombok Jadi Lebih Cepat
09 May
Rute Jangkar-Lembar Resmi Diuji Coba, ke Lombok Jadi Lebih Cepat

SITUBONDO – Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan Direktur Sarana Transportasi Jalan pada Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Danto Restyawan secara resmi memberlakukan uji coba rute baru Penyebrangan Jangkar-Lembar, Sabtu (7/5/2022). Hal itu ditandai dengan pelepasan pelayaran perdana KMP Parama Kalyani ke rute tersebut.

Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan, pelayanan perdana KMP Parama Kalyani rute Jangkar-Lembar sudah cukup baik. Sebab penumpang sudah mencapai 75 persen dari total kapasitas kapal tersebut.

"Ini awal yang baik. Karena kita hanya melakukan sosialisasi dangan waktu yang terbatas, tapi alhamdulillah penumpang KMP Parama Kalyani sudah mencapai kurang lebih 75 persen,” ujar Bupati 55 tahun ini.

 

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, dirinya optimis Pelabuhan Jangkar Situbondo kedepan semakin baik lagi. Khususnya rute Jangkar-Lembar.

 

“Jika kita lihat dari jumlah kendaraan yang masuk ke KMP Parama Kalyani sebanyak 35 kendaraan pribadi, 8 truk serta sepeda motor, maka targetnya sudah tercapai 100 persen. Tapi, dari sisi penumpang masih dibawah 100 persen, ini yang perlu kita tingkatkan," imbuhnya.

 

Lebih jauh, Bung Karna menjelaskan, salah satu keunggulan dari rute Jangkar-Lembar hanya membutuhkan waktu tempuh 11 jam. Itu artinya lebih cepat 2 jam bila dibandingkan dengan keberangkatan dari Pelabuhan Ketapang-Lembar yang memakan waktu tempuh 13 jam. 

 

"Belum lagi di jalur Baluran nya. Itu juga bisa lebih cepat. Kalau truk itu hemat waktu sekitar 2 jam, tapi kalau mobil pribadi bisa hemat sekitar 1. Jadi secara otomatis juga bisa menghemat biaya BBM," pungkasnya.

 

Sementara itu, salah satu sopir truk asal Jombang yang menggunakan rute Jangkar-Lembar, Eko Wahyudi (42) menerangkan, biasanya dirinya menggunakan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya untuk menuju Lembar. Dengan waktu penyebrangan sekitar 20 jam. 

 

"Saya menyambut baik dengan dibukanya penyebrangan dari Pelabuhan Jangkar menuju Pelabuhan Lembar, NTB. Mudah -mudahan penyebrangan Jangkar- Lembar dapat berjalan terus menerus dan berjalan lancar," bebernya. (Prokopim). 


Dibaca : 39X