Ribuan Warga Situbondo Antusias Sambut Bung Karna-Nyai Khoirani Kirab Trophy Adipura
03 Mar
Ribuan Warga Situbondo Antusias Sambut Bung Karna-Nyai Khoirani Kirab Trophy Adipura

SITUBONDO - Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan (Forkopimda) Kabupaten Situbondo menggelar Kirab Trophy Adipura Katagori Kota Kecil dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar, Jumat (3/3/2023). 

 

Dari Pantauan Prokopim Situbondo, acara tersebut berlangsung meriah. Ribuan siswa dan masyarakat mulai dari siswa-siswi PAUD, TK, SD, SMP, SMA, pemuda hingga orang tua tumpah ruah di sepanjang jalan Raya Pantura mulai dari Kecamatan Banyuglugur sampai Banyuputih. 

 

Anisa Rahayu, salah satu warga Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, mengaku baru pertama melihat Kirab Trophy Adipura. "Ini yang pertama bagi saya mas, rame sekali jalannya sampai macet," ujarnya. 

 

Lebih lanjut, perempuan 32 tahun ini berharap penghargaan demi penghargaan baik di tingkat Provinsi, Nasional maupun Internasional bisa terus diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo. "Dan juga semoga Pak Bupati dan Bu Wabup diberi kesempatan, sehingga bisa bekerja melayani masyarakat Situbondo," tambahnya. 

 

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, menyampaikan penghargaan tersebut merupakan bukti nyata kerja keras jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Situbondo. "Ini tentu merupakan hasil kerja keras kolektif seluruh dinas yang ada di Kabupaten Situbondo, termasuk seluruh Camat," ujarnya. 

 

Lebih lanjut, pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini mengatakan, penghargaan bergengsi itu juga kado istimewa bagi dirinya dan Wabup Nyai Hj. Khoirani yang telah memasuki tahun ketiga memimpin Kota Santri Pancasila. "Penghargaan ini terasa istimewa, karena di tahun 2023 ini awal kami melangkahkan kaki di tahun yang ketiga memimpin Kabupaten Situbondo," tambahnya. 

 

Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pegawai di Lingkungan Pemkab Situbondo baik ASN maupun Non-PNS yang telah bekerja keras. Sehingga Pemkab Situbondo meraih penghargaan Trhophy Adhipura Katagori Kota Kecil dari Menteri KLHK Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar. 

 

"Terima kasih saya sampaikan kepada para pegawai di masing-masing OPD. Dengan penuh kebersamaan dan kekompakan, sehingga bisa meraih penghargaan yang prestisius. Yaitu Anugrah Adhipura ini. Saya berharap kebersamaan yang telah terbangun ini akan semakin memperkuat kita untuk lebih berprestasi di masa-masa yang akan datang. Tentu saya mengapresiasi ini semua sebagai kerja kolektif yang luar biasa," pungkasnya Bupati Situbondo.

 

Di sisi lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Situbondo, Akhmad Yulianto, menjelaskan ada beberapa indikator penilaian Kabupaten Situbondo menerima penghargaan tersebut. "Anatara lain kebersihan lingkungan perkotaan, pengelolaan TPS dan TPA, keberadaan tanaman penghijauan kota (Sabuk Hijau), peran serta masyarakat dalam mengelola sampah, dan adanya bank sampah yang dikelola masyarakat dan lain-lain," beber Mantan Kepala Inspektorat Situbondo ini. (Prokopim)


Dibaca : 165X