Ribuan Ton Pupuk Urea Gratis Siap Dibagikan kepada Petani Situbondo
22 Nov
Ribuan Ton Pupuk Urea Gratis Siap Dibagikan kepada Petani Situbondo

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo siap membagikan ribuan Ton pupuk urea gratis kepada para petani yang ada di Kota Santri Pancasila. Tujuannya untuk meringankan beban para petan yang memiliki luas lahan pertanian di bawah 200 desiare.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi saat mengecek Gudang Pupuk Urea di Desa Alasmalang Panarukan, Minggu (21/11/2021).

"Harga Pupuk Urea non-subsidi saat ini sangat tinggi. Berada pada angka Rp 9.475 per Kilogram atau satu Kuintalnya hampir menyentuh Rp1 juta. Tentu ini sangat memberatkan para petani," ujar bupati.

Bupati 54 tahun ini mengatakan, total ada 1228 Ton pupuk urea yang siap dibagikan secara cuma-cuma alias gratis kepada para petani. "Pupuk gratis ini merupakan program pemerintah daerah yang bertujuan untuk meringankan beban petani," tambahnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengungkapkan, pihaknya menggelontorkan anggaran hingga Rp13 Miliar rupiah untuk program tersebut. "Anggaran yang kita curahkan untuk pembelian pupuk urea non-subsidi ini mencapai belasan Miliar rupiah," tegasnya.

Mantan Kadis Pengairan Bondowoso ini menjelaskan, seandainya harga pupuk tidak naik, maka yang akan didistribusikan kepada petani dua kali lipat dari semestinya. "Awalnya, kita menyasar petani yang memiliki lahan 400 desiare ke bawah. Tapi karena berkurang tonasenya akibat kenaikan harga pupuk. Bantuan akan diberikan pada petani yang hanya memiliki lahan 200 desiare ke bawah,” pungkasnya.

Bung Karna menerangkan pembagian pupuk urea gratis tersebut akan dilakukan pada awal Bulan Desember mendatang. "Untuk mekanisme pendistribusian kepada para petani, besok (22/10) saya akan rapatkan dengan teman PPL," tutupnya. (Humas & Protokol).


Dibaca : 292X