Resmikan Fasilitas Sanitasi di Spegas, Bupati Situbondo Apresiasi Tanoto Foundation
27 Jan
Resmikan Fasilitas Sanitasi di Spegas, Bupati Situbondo Apresiasi Tanoto Foundation

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi meresmikan fasilitas sanitasi SMP Negeri 3 Situbondo (Spegas), Sabtu, 27 Januari 2024. Renovasi sanitasi tersebut merupakan kerjasama antara Spegas dengan Tanoto Foundation. 

 

Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, sanitasi menjadi sarana prasarana yang penting bagi sekolah. Sebab, menyangkut kesehatan para siswa dan guru. 

 

"Sanitasi itu berpengaruh terhadap kesehatan. Kalau sanitasi di sekolah kurang memadai, maka proses belajar mengajarnya juga tidak akan bagus. Siswa-siswi sering sakit atau gurunya sering sakit karena sanitasi yang tidak sehat," ujarnya di SMP Negeri 3 Situbondo. 

 

Lebih lanjut, Bung Karna mengapresiasi Tonato Foundation yang berperan nyata dalam pembangunan sarana prasarana, khususnya sanitasi di SMP Negeri 3 Situbondo. "Luar biasa sekali Tanoto Foundation ini dalam mensupport pendidikan. Dengan adanya kerjasama ini semoga kualitas pendidikan kita semakin meningkat," tambahnya. 

 

Pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini berharap, ke depan ada sekolah-sekolah yang bisa menjalin kerjasama dengan Tanoto Foundation. "Karena pemerintah tidak bisa sendirian untuk memajukan pendidikan kita. Kita butuh peran semua pihak untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Situbondo," tegasnya. 

 

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Situbondo, Sri Tutik menjelaskan, Tanoto Foundation melakukan rehabilitasi fasilitas sanitasi berupa sembilan kamar mandi siswa dan guru, fasilitas air bersih dan tandon air. "Kemudian juga ada pemberian beberapa unit komputer untuk melengkapi sarana prasarana di perpustakaan. Serta ada pengembangan SDM berupa pemberian pelatihan literasi, pelatihan numerasi dan juga pelatihan budaya hidup sehat," bebernya. 

 

Di sisi lain, Head of ECED Tanoto Foundation, Eddy Henry menyampaikan, SMP Negeri 3 Situbondo ini menjadi satu-satunya sekolah di Jawa Timur yang mendapat program rehabilitasi sanitasi. "Kami sebenarnya fokus pada kualitas pembelajaran. Karena sanitasi ini sangat dibutuhkan oleh SMP Negeri 3 Situbondo lantaran jumlah siswanya yang banyak maka kami merenovasi kamar mandi dan toilet di sini," ucapnya.

 

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 172X