Ratusan Pelari Jadi Peserta Merak Baluran-Run 2023, Belasan Orang dari Mancanegara
03 Dec
Ratusan Pelari Jadi Peserta Merak Baluran-Run 2023, Belasan Orang dari Mancanegara

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi beserta jajaran Forkopimda melepas ratusan peserta olahraga wisata atau sport tourism yang bertajuk Merak Baluran Run 2023, Minggu (3/12/2023). Event tersebut diikuti atlet lari internasional dari Kenya dan Prancis serta peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Bupati berlatarbelakang ASN ini menyampaikan, Merak Baluran Run 2023 dimulai dari Karang Tekok, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih

dan finish di Pantai Sijile dengan menempuh jarak 10 kilometer. "Ada 406 peserta Merak Baluran Run 2023. 16 orang dari luar negeri, yakni 15 orang dari Kenya dan 1 orang dari Perancis," ujarnya. 

 

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini optimis, event Merak Baluran Run 2023 mampu menarik wisatawan datang ke sejumlah wisata pantai yang ada di Kawasan Taman Nasional Baluran tersebut. Sehingga pariwisata di Kabupaten Situbondo bisa dikenal hingga ke mancanegara. 

 

"Event sport tourism lari skala internasional ini juga menjadi bagian dari promosi wisata Merak-Baluran. Kami meyakini peserta lomba lari dalam negeri dan luar negeri tertarik dengan sejumlah destinasi wisata bahari yang masih dalam satu kawasan," tegasnya.

 

Bung Karna menyebut setidaknya ada delapan destinasi wisata bahari di kawasan Merak-Baluran. Yaitu Pantai Sijile, Pantai Bilik, Pantai Merak, Pantai Lempuyang, Pantai Kakapa, Pantai Balanan, Pantai Sirondo dan Pantai Batu Hitam.

 

"Kami memilih finis lomba lari di Pantai Sijile. Para peserta disuguhi pemandangan alam pantai berpasir putih dan punya dua muara yang terpecah daratan dan membentuk seperti lidah menjulur, lautnya juga dipenuhi terumbu karang hingga hutan bakau dan pemandangan Gunung Baluran," bebernya. 

 

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo Deny Wahyu Pribadi menjelaskan, lima kategori di event Merak Baluran Run 2023. Yakni putra dan putri umum yang merupakan pelari internasional didominasi oleh pelari asal negara Kenya, Afrika, kategori putra lokal nasional, pelajar putra dan pelajar putri nasional.

 

"Seluruh peserta lomba lari melintasi rute yang sama dengan jarak tempuh sejauh 10 kilometer. Lintasan yang dilalui peserta menyusuri jalan makadam di kawasan Taman Nasional Baluran hingga tepi pantai Bilik-Sijile," ucapnya. 

 

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 336X