Ratusan Biker Jadi Peserta Tour De Rengganis Situbondo 2024
15 Jun
Ratusan Biker Jadi Peserta Tour De Rengganis Situbondo 2024

SITUBONDO - Sebanyak 236 pembalap sepeda atau yang sering disebut biker adu cepat di ajang Tour De Rengganis Situbondo 2024, Sabtu, 15 Juni 2024. Mereka berasal dari berbagai daerah di Jakarta, Bali, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Jawa Timur, bahkan ada juga peserta dari mancanegara tepatnya Australia. 

 

Kepala Satpol PP Kabupaten Situbondo, Sopan Efendi menyampaikan, ada dua etape dalam Tour De Rengganis Situbondo tahun ini. Yakni etape pertama berlangsung pada hari Sabtu, 15 Juni 2024, para biker mengambil start dari Wisata Pantai Bama Taman Nasional Baluran dan finish di Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa. Di etape pertama ini para biker menempuh jarak kurang lebih 54 kilometer. 

 

"Kemudian etape kedua berlangsung pada hari Minggu, 16 Juni 2024 pagi, para biker start dari Pendapa Arya Situbondo dan finish di Wisata Rengganis, Kecamatan Sumbermalang dengan jarak tempuh sekitar 88 kilometer," ujarnya, Sabtu, 15 Juni 2024.

 

Sopan melanjutkan, ada enam kategori dalam kegiatan ini. Di antaranya Men Elite 41 peserta, Women Open 35 peserta, Men Junior 32 peserta, Men Youth 40 peserta, Master A 34 peserta dan Master B 48 peserta. "Kemudian untuk total hadiah di ajang Tour De Rengganis Situbondo ini mencapai Rp120 juta," bebernya.

 

Mantan Kepala Bakesbangpol Kabupaten Situbondo ini optimistis, ajang Tour De Rengganis Situbondo mampu meningkatkan perekonomian warga. "Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini homestay dan rumah-rumah warga di Desa Wonorejo di sewa semua oleh para biker. Kemudian warung-warung makan juga ramai dikunjungi oleh para biker," tegasnya. 

 

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi dalam sambutannya mengatakan, lomba balap sepeda tingkat internasional juga bertujuan untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Situbondo. "Para peserta balap sepeda Tour De Rengganis ini kan di Situbondo dua hari. Jadi di sela-sela lomba mereka bisa menikmati berbagai wisata. Seperti Pasir Putih, Pantai Bletok, Kampung Kerapu, Pantai Banongan, Bukit Rengganis dan masih banyak lainnya," ucapnya. 

 

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengungkapkan, dengan adanya event internasional ini maka perputaran uang di Kabupaten Situbondo meningkatkan drastis. "Kalau uang di Situbondo beredar banyak, maka daya beli masyarakat semakin tinggi dan ketika daya beli masyarakat semakin tinggi, maka pertumbuhan ekonomi akan tumbuh dengan baik," pungkasnya. 

 

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 260X