Putus Penyebaran PMK, Wabup Situbondo Pimpin Penyemprotan Disinfektan Serentak
30 Jun
Putus Penyebaran PMK, Wabup Situbondo Pimpin Penyemprotan Disinfektan Serentak

SITUBONDO - Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj. Khoirani memimpin langsung penyemprotan disinfektan secara serentak di seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kota Santri Pancasila, Kamis (30/6/2022). Tujuan dari kegiatan tersebut yakni, untuk memutus penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak warga.

 

Orang nomor dua di Kota Santri Pancasila ini mengatakan, penyemprotan disinfektan secara serentak ini digelar di 132 desa dan 4 kelurahan yang ada di Situbondo. "Tentunya giat kita hari ini didukung penuh oleh jajaran TNI-Polri, dan pemerintah daerah maupun pihak kelurahan," ujarnya di Desa Widoropayung, Kecamatan Besuki.

 

Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa Nyai Khoi ini mengungkapkan, selain penyemprotan disinfektan secara serentak, pihaknya juga sudah melakukan vaksinasi PMK perdana. "Kita kemarin (Selasa, 28 Juni -red) sudah melakukan vaksinasi PMK perdana yang menyasar 3.100 sapi warga," imbuhnya.

 

Lebih jauh, Nyai Khoi ini menyampaikan, pemerintah daerah terus berupaya untuk memutus penyebaran wabah PMK di Situbondo. "Apalagi ini kan mendekati hari raya Idul Adha. Jadi benar-benar kita awasi, terutama transportasi ternak," tuturnya.

 

Untuk itu, Nyai Khoi meminta kepada pihak terkait untuk memastikan agar tidak ada hewan ternak dari luar daerah yang masuk ke Situbondo. "Pun demikian, ternak yang di Situbondo tidak boleh keluar. Karena tingkat penularan PMK ini sangat cepat," bebernya.

 

Sekedar informasi, data dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Situbondo hingga hari Rabu, 29 Juni 2022, ada 2.467 ekor hewan ternak yang terpapar PMK. Dimana dari jumlah tersebut 199 ekor sembuh, 6 ekor mati, 1 ekor dipotong paksa. (Prokopim)


Dibaca : 139X