Puluhan Ribu Masyarakat Situbondo Dapat Bansos 'Ramadhan Bersama Rakyat'
14 Mar
Puluhan Ribu Masyarakat Situbondo Dapat Bansos 'Ramadhan Bersama Rakyat'

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyalurkan bantuan sosial (Bansos) berupa paket sembako kepada sekitar 26 ribu masyarakat kurang mampu dari sisi ekonomi. Penyaluran Bansos tersebut dikemas dalam program Ramadhan Bersama Rakyat. 

 

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, penyaluran Bansos program Ramadhan Bersama Rakyat ini dilakukan langsung oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan Wabup Nyai. Khoirani di 132 desa dan 4 kelurahan yang ada di Kota Santri Pancasila. 

 

Bupati Situbondo, Karna Suswandi menyampaikan, program Ramadhan Bersama Rakyat ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Situbondo kepada masyarakat yang kurang mampu dari sisi ekonomi. "Oleh karena itu, pemerintah daerah membantu sembako kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Situbondo," ujarnya di Pendopo Aryo Situbondo, Rabu, 13 Maret 2024. 

 

Selain menyalurkan bantuan sembako, kata pria yang akrab disapa Bung Karna ini, program Ramadhan Bersama Rakyat juga sebagai ajang Bupati dan Wakil Bupati Situbondo untuk bersilahturahmi dengan rakyatnya. "Jadi saya dengan Bu Nyai (Wabup Situbondo -red) berbagai tugas mengunjungi masyarakat di 132 desa dan 4 kelurahan selama Bulan Ramadhan ini. Ini juga sebagai cara kami untuk menyerap aspirasi rakyat," bebernya. 

 

Bung Karna mengungkapkan, Ramadhan Bersama Rakyat ini merupakan program prioritas dirinya dan Nyai Khoirani semenjak menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Situbondo. "Ini sudah ketiga kalinya kami menyelenggarakan Ramadhan Bersama Rakyat. Alhamdulillah rakyat sangat antusias," tegasnya. 

 

Sementara itu, Kepala Dinsos Situbondo, Timbul Surjanto menjelaskan, progam Ramadhan Bersama Rakyat di Tahun 2024 ini ada sekitar 26 ribu paket sembako yang diberikan kepada masyarakat. "Setiap sembako berisi beras, gula pasir, minyak goreng dan mie instan," ucapnya. 

 

Mantan Camat Kapongan ini mengatakan, penerima Bansos tersebut adalah masyarakat Kabupaten Situbondo yang terdaftar di Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) Bappeda Situbondo dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Kemensos RI. 

 

"Bapak Bupati optimis program Ramadhan Bersama Rakyat ini bisa mengurangi angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Situbondo. Selain itu, juga untuk menekan inflasi daerah," pungkas Timbul. 

 

Untuk diketahui, di hari pertama Ramadhan Bersama Rakyat ini Bupati Situbondo, Karna Suswandi menyalurkan Bansos sembako di Desa Paowan dan Sumberkolak, Kecamatan Panarukan; Desa Kalibagor, Kotakan, Alasmalang, Kelurahan Dawuhan dan Patokan, Kecamatan Situbondo. 

 

Kemudian Wabup Situbondo, Nyai Khoirani menyalurkan Bansos Ramadhan Bersama Rakyat di Desa Kilensari, Wringinanom, Peleyan, Duwet, Gelung, Kecamatan Panarukan; Desa Olean dan Talkandang, Kecamatan Situbondo. 

 

 

 

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 331X