Puluhan Anggota PPK Dilantik, Bung Karna : Jalankan Pemilu dengan LUBER JURDIL
04 Jan
Puluhan Anggota PPK Dilantik, Bung Karna : Jalankan Pemilu dengan LUBER JURDIL

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi, menghadiri acara pelantikan 85 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) KPU Situbondo untuk Pemilu Tahun 2024, Rabu (04/01/2023). Acara tersebut berlangsung di Graha Wiyata Praja, Aula Lantai II Setdakab Situbondo. 

 

Dalam sambutannya tersebut, Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan, agar Anggota PPK KPU Situbondo menjalankan Pemilu Tahun 2024 dengan LUBER (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia) serta JURDIL (Jujur dan Adil). 

 

"Karena pada tahun 2024, kegiatan Pemilu berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya. Kita akan melaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota, di bulan Februari. Setelah itu di bulan Oktober ada Pemilu Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota," ucapnya. 

 

Lebih lanjut, pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini berharap, pesta demokrasi lima tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan tanpa ada kendala apapun, khususnya Pemilu pada bulan Pebruari. "Sehingga kita bisa langsung menyiapkan Pilkada yang di bulan Oktober nya. Tetapi kalau masih ada persoalan yang harus diselesaikan di MK (Mahkamah Konstitusi -red) ini kan perlu waktu. Semoga itu tidak terjadi," imbuhnya. 

 

Selain itu, Bupati meminta kepada Sekda Situbondo agar mengirim surat kepada 17 camat untuk menyediakan tempat yang layak bagi Anggota PPK. "Ada anggaran perbaikan kantor, maka tolong dicek ruangan yang kurang memadai. Kalau perlu kumpulkan semua camat yang ada," bebernya. 

 

Hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan fasilitas yang baik untuk Anggota PPK hingga PPS KPU Situbondo. "Kemudian masalah anggaran Pemilu, tolong Pak Sekda agendakan rapat bersama Anggota KPU dengan TAPD. Sehingga anggaran untuk Pemilu ini segera kita bahas yang sesuai dengan keinginan kita bersama, tentunya dengan mempertimbangkan keuangan Pemkab Situbondo," pintanya. 

 

Di tempat yang sama, Ketua KPU Situbondo, Marwoto, menyampaikan dari 85 Anggota PPK, 22 orang diantaranya perempuan. "Ini amanat KPU Pusat, di mana komposisi 30 persen PPK itu harus terpenuhi. Alhamdulillah kami (KPU Situbondo -red) mendekati itu. Kalau 30 persennya itu 25 orang, kami merekrut 22 orang," bebernya. 

 

Lebih jauh, Marwoto meminta kepada Anggota PPK KPU Situbondo untuk bisa menjalin kerjasama yang baik dengan Jajaran Forkopimka. "Karena kantornya Bapak - ibu di sana (kecamatan). Jadi seteleh ini (pelantikan -red) usahakan silahturahmi dengan Camat, Kapolsek dan Danramil serta rekan kita dari Panwaslu," pungkasnya. 

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Situbondo, Karna Suswandi; Wabup Nyai Hj. Khoirani; Komisioner KPU Situbondo; Ketua Bawaslu Situbondo, Murtapiq; Sekdakab Wawan Setiawan dan 85 Anggota PPK KPU Situbondo. (Prokopim)


Dibaca : 374X