PSN Selingkar Ijen, Bupati Bung Karna Akan Kembangkan Merak Baluran 
02 Mar
PSN Selingkar Ijen, Bupati Bung Karna Akan Kembangkan Merak Baluran 

SITUBONDO- Bupati Bung Karna menangkap adanya sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan berencana mengembangkan kawasan Merak Baluran. 

Kawasan itu disebutnya menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sebagaimana ditetapkan oleh pemerintah pusat. 

"Daerah ingin mendukung itu. Karena disana banyak tempat wisata yang bagus," ujarnya. 

Ia menyebutkan wisata yang menarik dan bagus di antaranya yakni Baluran, Pantai Se Jileh, Pantai Lempuyang, Pantai Kakapa, Pantai Balanan, dan Batu Hitam. 

"Belum lagi adalah pemandangan di bawah air laut yang sangat luar biasa. Ini adalah kekayaan alam terpendam," bebernya. 

Dirinya meyakini bahwa jika itu dibuka maka akan menjadi daya pengungkit ekonomi masyarakat. Karena itu bisa menjadi penyanggah Provinsi Jatim di belahan timur yang akan membuka pintu ke Bali. 

Bung karna mengaku telah menyampaikan hal itu kepada Gubernur Khofifah. Selanjutnya, adalah OPD terkait untuk berkomunikasi dengan dinas Provinsi Jatim. 

"Jadi jangan ada lagi pernyataan bahwa itu tidak bisa. Itu sudah ditegaskan oleh B. Gubernur bahwa itu semuanya bisa," jelas Bung Karna. 

Sementara itu dalam Rapat Paripurna Serah Terima Jabatan dari Plh Bupati kepada Bupati Situbondo, di Pendopo setempat, Selasa (2/3/2021), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan Provinsi Jawa Timur memiliki pekerjaan rumah (PR) bersama yang harus digarap sengan kabupaten/kota lainnya. 

PR tersebut berseiring dengan mandat Perpres nomer 80 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi di Jatim. 

Dimana ada lima skala prioritas yang salah satunya adalah selingkar Ijen. 

"Selingkar Ijen ini banyak proyek yang masuk kategori Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ada di Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso," tutupnya.(HUMAS)


Dibaca : 207X