Program Pupuk Gratis 2022, Pemkab Situbondo Gelontorkan Anggaran hingga Rp16 Miliar
16 Mar
Program Pupuk Gratis 2022, Pemkab Situbondo Gelontorkan Anggaran hingga Rp16 Miliar

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran hingga Rp16 miliar lebih untuk merealisasikan program pembagian pupuk urea non-subsidi gratis kepada puluhan ribu petani. Sehingga bantuan itu bisa meningkatkan hasil panen para petani di Kota Santri Pancasila.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi saat menyampaikan sambutan dalam acara Sosialisasi Program dan Kegiatan Pembangunan Tahun 2022 di Kecamatan Bungatan, Rabu (16/3/2022).

“Total petani yang akan mendapatkan bantuan pupuk urea gratis di tahun 2022 ada 21.631 orang. Dan itu tersebar di 17 Kecamatan yang ada di Situbondo,” ujar Bupati.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengungkapkan, dengan adanya bantuan pupuk urea gratis itu, maka setidaknya bisa meringankan beban para petani kecil ditengah kelangkaan dan mahalnya harga pupuk. “Walaupun tidak banyak, tapi Insya Allah bisa membantu para petani kita,” tambahnya.

Lebih lanjut, Bung Karna mengatakan, anggaran pembagian bantuan pupuk urea gratis ini berasal dari APBD 2022. “Sumbernya dari DAU dan DBHCHT,” imbuh Bupati.

Lebih jauh, Bupati 54 tahun ini menyampaikan, para petani yang akan mendapatkan bantuan pupuk urea itu adalah yang memiliki lahan 0,4 hektare kebawah. “Dan mereka sudah terdaftar di e-RDKK Kementerian Pertanian,” tegasnya.

Pria asal Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa ini menjelaskan, para petani penerima bantuan pupuk urea gratis dari Pemkab Situbondo bukan petani yang mendapat bantuan serupa di tahun 2021 kemarin. “Biar sama-sama kebagian, jadi harus gantian,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Situbondo, Haryadi Tejho Laksono menerangkan, pembagian pupuk urea gratis rencananya akan dilakukan pada bulan Oktober mendatang. “Ini masih kita siapkan mas pengadaannya. Insya Allah di bulan 10,” ucapnya melalui pesan WhatsApp.

Mantan Kepala BPPKAD Situbondo ini menerangkan, nantinya setiap petani akan mendapatkan bantuan pupuk gratis sekitar 50 kilogram. “Kira-kira sama mas dengan tahun kemarin mas,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Wabup, Nyai Hj Khoirani, Ketua TP-PKK, Hj Juma’ati Karna Suswandi, jajaran Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo, Forkopimka Bungatan, dan 7 Kades se-Kecamatan Bungatan. (Prokopim)


Dibaca : 361X