Plt Kadinsos : Dana Ramadan Bersama Rakyat Berasal dari Zakat Mal Bupati
21 Apr
Plt Kadinsos : Dana Ramadan Bersama Rakyat Berasal dari Zakat Mal Bupati

SITUBONDO - Fraksi PKB mempertanyakan sumber dana ribuan paket sembako yang dibagikan Bupati Situbondo, Karna Suswandi selama bulan ramadan, mendapatkan respon dari Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Situbondo, Samsuri.

Dia menjelaskan bahwa sumber dana kegiatan ramadan bersama rakyat berasal dari zakat mal Bupati Situbondo, Karna Suswandi. Yang dikemas dalam kegiatan pembagian paket sembako kepada masyarakat miskin di setiap desa yang ada di Kota Santri.

"Dana tersebut berasal dari zakat mal bapak bupati yang disalurkan dalam bentuk bantuan paket sembako kepada para janda dan kaum duafa yang ada di desa," ujarnya, Rabu (21/4/2021).

Mantan kabid pemberdayaan masyarakat dan kelembagaan DPMD ini mengatakan, dalam kegiatan tersebut pihaknya diminta membantu menyalurkan bantuan paket sembako kepada penerima. "Dinas sosial oleh bapak bupati diminta untuk ikut menyalurkan paket bantuan sembako, dengan menerjunkan tenaga Tagana, TKSK dan Pendamping PKH," ucapnya.

Lebih lanjut, Samsuri ini mengungkapkan, pihaknya tidak mengetahui secara pasti jumlah dana yang digunakan dalam agenda tersebut. "Itu murni dari bapak bupati, berapa nominalnya kami tidak tahu. Karena tidak bersumber dari APBD," tegasnya.

Samsuri menambahkan, penerima paket sembako ramadan bersama rakyat yang menentukan sepenuhnya adalah bupati. "Karena ini zakat malnya bapak, jadi beliau yang punya sasaran," tutupnya.

Untuk diketahui, progam ramadan bersama rakyat bupati dan wakil bupati mengunjungi 132 desa dan 4 kelurahan yang ada di Kabupaten Situbondo selama bulan puasa. Dalam kegiatan tersebut 100 paket sembako dibagikan kepada masyarakat miskin dan kaum duafa disetiap desa. (Humas).


Dibaca : 162X