Pj Sekda Pemprov Jatim dan Bupati Situbondo Lepas  Peserta Mudik Gratis Rute Jangkar-Raas
03 Apr
Pj Sekda Pemprov Jatim dan Bupati Situbondo Lepas Peserta Mudik Gratis Rute Jangkar-Raas

SITUBONDO - Ribuan masyarakat dari berbagai wilayah mengikut mudik gratis dengan transportasi laut atau kapal dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Ratusan pemudik kloter pertama dilepas langsung oleh Pejabat (Pj) Sekda Pemprov Jawa Timur, Bobby Soemiarsono, dan Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Selasa, 2 April 2024. Kegiatan tersebut Yakni ditandai dengan pengguntingan pita melati, dan pelemparan kendi di pintu masuk kapal.

Ada satu kapal yang disiapkan untuk mengangkut para pemudik menuju Pulau Raas, Madura. Dan berangkat dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Menurut Pj Sekda Provinsi Jawa Timur, Bobby Soemiarsono, ada satu kapal yang nantinya akan mengangkut para pemudik dengan 14 kali perjalanan.“Mudiknya tujuh trip, baliknya tujuh trip,”ungkapnya.

Hadirnya mudik gratis yang juga bisa mengangkut 2.100 kendaraan itu, kata Bobby, diharapkan bisa meringankan beban dan membuat masyarakat lebih nyaman. Utamanya, dalam ritual tahunan untuk pulang ke kampung halaman masing-masing.

“Ini kan kapal, keselamatan jadi tanggung jawab bersama. Artinya jangan ada penunpang yang tidak taat dengan aturan yang ditetapkan nahkoda untuk pelayaran,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi menyampaikan, terima kasihnya pada Pemprov Jatim yang telah memfasilitasi para pemudik ke Pulau Raas“Saya juga berterima kasih karena ini adalah progran lanjutan Ibu Khofifah," ucapnya.

Ia pun berharap kapasitas mudik-balik gratis ini bisa ditingkatkan di Pelabuhan Jangkar. "Semoga program yang digagas oleh Ibu Khofifah Indar Parawansa ini bisa dilanjutkan dan kuotanya bisa ditambah," tegasnya.

Pantauan di lapangan, para penumpang telah datang satu jam sebelum keberangkatan. Mereka berduyun-duyun membawa banyak barang bawaan. Ada pula yang berkendara roda dua.


(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 73X