Pimpin Rakor TKPKD, Bupati Situbondo Ingin Angka Kemiskinan Turun
17 Nov
Pimpin Rakor TKPKD, Bupati Situbondo Ingin Angka Kemiskinan Turun

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Koordinasi Pengentasan Kemiskinan Daerah (TKPKD), Rabu (17/11/2021). Pria 54 tahun ini optimis angka kemiskinan di Kota Santri Pancasila bisa turun di tahun 2021. 

"Sudah ada target di RPJMD. Turunnya itu nol koma sekian persen itu harus dicapai. Sekarang angka kemiskinan kita 12,22 persen dan itu menjadi titik nol nya saya," ujarnya di Pendopo Graha Amukti Praja.

Untuk itu, pria yang akrab disapa Bung Karna ini meminta kepada kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo agar fokus menurunkan angka kemiskinan. "Misalnya di Kecamatan Arjasa angka kemiskinan berapa, ada di wilayah mana baru disitu kita suntik dengan program pengentasan kemiskinan. Saya sudah suruh Bappeda untuk memetakan itu," ucapnya.

Bung Karna menegaskan, dirinya tidak ingin melihat ada OPD yang gagal mencapai target kerja di RPJMD. "Itu harus dicapai. Meskipun kurang 0,0 sekian dari target yang sudah ditetapkan di RPJMD tetap tidak boleh. Karena orang akan menyebut itu sebagai kegagalan," jelasnya.

Lebih jauh, Bung Karna mengatakan, kepala OPD harus mampu membuat skala prioritas program kerja. Sehingga anggaran yang sudah disediakan itu bisa berdampak nyata. 

"Contohnya, Disperdagin merencanakan pembangunan pabrik di daerah Kayumas kan gak cocok itu wilayah pegunungan. Ya harus di daerah padat penduduk seperti perkotaan," pungkasnya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj Khoirani, Sekdakab, Syaifullah dan jajaran Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo, Camat se-Situbondo. (Humas & Protokol).


Dibaca : 195X