Pertama Kalinya, Bupati dan Wabup Situbondo Ngantor di Desa 
17 Mar
Pertama Kalinya, Bupati dan Wabup Situbondo Ngantor di Desa 

SITUBONDO- Tak seperti biasanya, Bupati Situbondo Karna Suswandi ngantor di desa, pada Rabu (17/3/2021). 

Kegiatan pertama kalinya di Kota Santri ini, dilakukan oleh Bupati Karna di Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo. Sedangkan, Wabup Nyai Hj. Khoirani di tiga desa di Kecamatan Banyuglugur. 

Bung Karna-panggilan akrabnya mengaku, ngantor di desa dilakukan untuk mendorong pemerintah desa segera menyelesaikan laporan kegiatan tahun 2020. 

Mengingat, ada lima desa dari sebelumnya sekitar 30 desa yang belum menyelesaikan laporan tentang pelaksanaan kegiatan tahun 2020 hingga Selasa sore (16/3/2021). 

"Padahal hari Jum'at (19/3/2021) saya harus memberikan laporan menyeluruh ke BPK," kata Bupati Karna Suswandi, Rabu (17/3/2021). 

Ia menerangkan bahwa ini dilakukan sebagai niat baik untuk mencegah hal -hal yang tidak diinginkan di desa Kotakan. Artinya, sebagai orang tua dari para ASN pihaknya tak ingin pemerintah desa 'terjun bebas'. 

"Kalau ini jadi temuan BPK, kalau dikembalikan kan sayang, jadi biasanya digunakan untuk pembangunan, kemudian disuruh mengembalikan. Bukan mau macam-macam," tuturnya. 

Ke depan Bung Karna ingin Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) segera mencairkan ADD bagi Kades yang telah selesai laporannya. 

Namun harus sudah by name by addres, dengan menggunakan kartu khusus bagi perangkat desa. 

"Formatnya mulai sekarang dibuat dan segera dikomunikasikan," jelasnya. 

Bupati Situbondo Karna Suswandi

Sementara itu, Kepala Desa Kotakan Suriwan dalam sambutannya mengatakan, pihaknya pada tahun 2021 siap bangkit kembali untuk desanya. 

"Ini selalu memberi pengarahan untuk memajukan desa Kotakan. Saya terima, saya yakin bangkit kembali desa Kotakan, untuk tahun 2021 siap untuk mengembalikan nama baik desa Kotakan," tuturnya.

Dalam acara Ngantor di Desa itu, Bung Karna bukan hanya memberikan pemaparan. Namun juga melihat secara langsung penyelesaian laporan kegiatan tahun 2020 Desa Kotakan.

Turut mendampingi yakni Inspektorat Pembantu IV Wiyono, Kepala Seksi Bina Administrasi Keuangan dan Aset Desa dari DPMD Imelda Susanti, dan Camat Kota.(Humas)


Dibaca : 192X