Peringati Satu Abad NU, Bung Karna Lepas Pawai Ribuan Siswa TK dan RA
15 Oct
Peringati Satu Abad NU, Bung Karna Lepas Pawai Ribuan Siswa TK dan RA

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi, melepas pawai siswa-siswi Taman Kanak-Kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA), Sabtu (15/10/2022). Acara tersebut dalam rangka memperingati satu abad berdirinya Nahdlatul Ulama (NU) 1344-1444 H.

 

Dari pantauan Humas Pemkab Situbondo, kegiatan tersebut diikuti oleh ribuan siswa-siswi TK dan RA. Start pawai dimulai dari Alun-alun Kota Situbondo dan finish di Kantor PCNU yang ada di Jalan Madura Situbondo.

 

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Bung Karna ini merasa bangga melihat para generasi NU. "Rangkaian peringatan satu abad berdirinya NU ini sekaligus peringatan hari santri nasional. Acara ini semakin meneguhkan peran NU dan santri dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara,” ujar Bupati 55 tahun ini. 

 

Bung Karna menjelaskan, pawai satu abad NU diikuti seluruh siswa-siswi TK dan RA dibawah naungan LP Maarif PCNU Situbondo. "Tadi kita saksikan bersama berbagai atribut kebesaran NU turut memeriahkan pawai. Mulai bendera NU, bendera merah putih, lambang burung garuda, ada juga peserta pawai membawa foto para pendiri NU sekaligus pahlawan nasional. Seperti KH. Hasyim Asy'ari; KH. Wahab Hasbullah dan KH.R. As'ad Syamsul Arifin, yang sekaligus pendiri dan pengasuh pondok pesantren Salafiyah-Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo," beber pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini.

 

Sementara itu, Ketua PCNU Situbondo, KH. Muhiyidin Khotib, menjelaskan pawai siswa -siswi TK dan RA ini sebagai bentuk syiar serta menanamkan karakter ke-NU-an. Pawai siswa-siswi TK dan RA merupakan kick off satu abad NU. Ada berbagai rangkaian acara kegiatan PCNU Situbondo dalam rangka satu abad NU. Diantaranya lomba penulisan karya ilmiah atau hasil riset ke-NU-an, lomba fotografi dan videografi.

 

“Ini kick off peringatan satu abad NU, dan kita awali dengan pawai siswa-siswi TK dan RA. Nanti ada juga kegiatan napak tilas dan kegiatan-kegiatan lainnya,” tuturnya.

 

Lebih lanjut, KH. Muhiyidin Khotib mengungkapkan, peringatan satu abad NU mengangkat tema “Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru”. "Pilihan tema ini didasarkan pada hadits Rasulullah SAW tentang lahirnya pembaharu di setiap satu abad," pungkasnya.

 

Sekedar informasi, berdasarkan perhitungan kalender Hijriah, NU didirikan pada 16 Rajab 1344 Hijriah, itu berarti NU akan mencapai usia satu abad pada 16 Rajab 1444 Hijriah atau bertepatan dengan 7 Februari 2023 mendatang. (Prokopim)


Dibaca : 331X