Peringati Hari Keluarga Nasional, Pemkab Situbondo Beri Layanan KB MKJP Gratis
21 Jun
Peringati Hari Keluarga Nasional, Pemkab Situbondo Beri Layanan KB MKJP Gratis

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo mengadakan layanan keluarga berencana dengan metode kontrasepsi jangka panjang (KB -MKJP) secara gratis kepada masyarakat yang ada di Kota Santri, Senin (21/6/2021). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari keluarga nasional (Harganas) Ke-28.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, KB MKJP dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Dengan tujuan menekan angka pertumbuhan penduduk, pernikahan dini serta menurunkan angka stunting di Kota Santri.

"Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap masyarakat Situbondo bisa sadar akan pentingnya ikut KB dan menikah diusia matang. Karena bisa menikah diusia dini, ini sangat rentan bagi buah hatinya terkena stunting," ucap bupati saat meninjau kegiatan KB MKJP di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0823 Situbondo.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini menambahkan, di hari pertama kegiatan KB MKJP terdapat tiga layanan. Yakni, medis operasi pria (MOP) dengan diikuti peserta 25 orang, implant (susuk KB) diikuti peserta kurang lebih 80 orang dan medis operasi wanita (MOW) yang diikuti 3 orang. Namun total secara keseluruhan terdapat 10.715 calon pengguna KB (Akseptor) di Kota Santri.

 "Untuk yang MOW dilakukan di RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo, yang dua (MOP dan Implant -red) di Makodim 0823. Kami optimis agenda ini bisa menekan angka pertumbuhan penduduk dan menurunkan angka stunting," tutupnya. (Humas).


Dibaca : 96X