Pemkab Situbondo Tanam 3.500 Pohon di Lahan Kritis
09 Mar
Pemkab Situbondo Tanam 3.500 Pohon di Lahan Kritis

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui BPBD setempat melaksanakan kegiatan penghijauan lahan kritis dengan melakukan penanaman pohon, Sabtu, 9 Maret 2024. Acara tersebut berlangsung di daerah perbukitan yang ada di Desa Wringinanom, Patemon, dan Curahsurih, Kecamatan Jatibanteng. 

 

Bupati Situbondo, Karna Suswandi beserta Wabup Nyai. Khoirani beserta jajaran Forkopimda turut hadir dan melakukan penanaman pohon buah-buahan di Desa Wringinanom. 

 

Dalam sambutannya, Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, penghijauan tersebut bertujuan untuk melestarikan lingkungan hidup serta mitigasi bencana hidrometeorologi. "Alhamdulillah dalam rangka penghijauan ini kita bersama warga Desa Wringinanom, Kecamatan Jatibanteng menanam berbagai pohon buah-buahan di lahan kritis," ujarnya. 

 

Menurutnya, dengan penghijauan di lahan yang kritis diharapkan depat mencegah terjadinya bencana alam seperti tanah longsor dan banjir. "Saya minta kepada warga di Desa Wringinanom ini supaya tanaman yang kita tanam ini bisa dirawat dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai ditebang, ambilah buahnya saja," tegasnya. 

 

Lebih lanjut, Mantan Kadis PUPP Lumajang ini juga meminta kepada warga Desa Wringinanom untuk rajin menanam pohon. "Dengan rajin menanam pohon, maka Kabupaten Situbondo yang kita cintai ini akan menjadi rindang, akan menjadi dingin, akan menjadi sejuk udaranya," beber pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini. 

 

Selain itu, sambung Bung Karna, manfaat dari menanam pohon yakni untuk mencegah krisis air bersih yang masih terjadi di beberapa desa di Kabupaten Situbondo, khususnya saat musim kemarau tiba. "Artinya kita tidak akan lagi kekurangan air bersih. Tetapi jika kita terus menggunduli hutan-hutan, maka bahaya akan mengancam kita. Bisa terjadi tanah longsor, bisa terjadi banjir yang dapat menimbulkan korban jiwa," imbuhnya. 

 

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Situbondo, Sruwi Hartanto menjelaskan, ada ribuan pohon yang ditanam di lahan kritis yang ada di tiga desa tersebut. "Pada megiatan hari ini kami telah menyiapkan 3.500 pohon yang kita sebar di tiga lokasi. Untuk yang di Desa Wringinanom saja ada sekitar 2.000 pohon," ucapnya melalui sambungan telepon. 

 

Mantan Kabag Umum Sekretariat Pemkab Situbondo ini mengungkapkan, 3.500 pohon tersebut terdiri dari pohon durian, alpukat, kelengkeng, jati dan trembesi. "Kalau mayoritasnya itu pohon buah-buahan ada alpukat, kelengkeng, dan durian. Kami berkomitmen untuk terus melakukan penghijauan di lahan-lahan kritis yang ada di Kabupaten Situbondo," pungkasnya. 

 

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 219X