Pemkab Situbondo Paparkan Komitmen Kesetaraan dan Keadilan Gender pada Kementerian PPPA
17 Mar
Pemkab Situbondo Paparkan Komitmen Kesetaraan dan Keadilan Gender pada Kementerian PPPA

SITUBONDO-Di hadapan perwakilan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Bupati Situbondo Karna Suswandi memaparkan berbagai upaya yang telah dilakukan dalam menegakkan kesetaraan dan keadilan gender di wilayahnya. 

Pemaparan secara virtual ini dilakukan dalam rangka verifikasi lapangan untuk pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE). 

APE adalah bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pada Pimpinan Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender. 

Bung Karna dikonfirmasi menerangkan, pemerintah daerah Situbondo telah meneguhkan komitmennya selama ini dalam menegakkan kesetaraan dan keadilan gender di wilayah setempat. 

Yakni dengan melakukan berbagai upaya melalui berbagai dinas terkait. Seperti Dinas Koperasi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak. 

Tentu dalam prakteknya, program pemberdayaan yang dilakukan bukan hanya untuk meningkatkan peran perempuan. Namun bagaimana menjadikan perempuan lebih produktif sejalan dengan pemberdayaan yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan lembaga kemasyarakatan. 

Sehingga nantinya akan tumbuh usaha baru yang mampu meningkatkan pendapatan keluarganya. Pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Semuanya muaranya adalah di dalam rangka meningkatkan perempuan dalam pembangunan," tuturnya. 

Adapun dalam APBD tahun 2020, kata Bung Karna-panggilan akrabnya, pemerintah daerah telah menggelontorkan anggaran hingga Rp 84 miliar atau 10 persen dari total anggaran. 

"Kalau di total dari belanja anggaran itu sudah lebih 20 persen," ungkapnya.

Dalam pemaparan evaluasi secara virtual itu, turut dihadiri oleh berbagai instansi terkait, Ketua TP PKK Kabupaten, Muslimat NU, perwakilan UNARS, Pusat Pengendali Perempuan dan Anak, serta dari perwakilan pendidikan.(Humas)


Dibaca : 35X