Pemkab Situbondo Gelar Gema Takbir Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah
16 Jun
Pemkab Situbondo Gelar Gema Takbir Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelar Gema Takbir Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah, Minggu, 16 Juni 2024. Acara tersebut berlangsung di Paseban Alun-Alun Situbondo.

Gema takbir ini dihadiri oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi; Wakil Bupati Hj. Khoirani, Sekdakab Wawan Setiawan, Forkopimda Situbondo; Ketua MUI Habib Muhammad Bin Abubakar Al Muhdhor; KH. Jais Badri Masduqi; Wakil Ketua Forum Kiai se Tapalkuda, KH. Abdul Hadi Khozim Pengasuh Ponpes Tahasinul Akhlaq Kalibagor; KH. Zaini Ridwan Ketua Dewan Masjid Situbondo, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Situbondo, para Kabag, Camat dan tamu undangan lainnya.

Sekda Kabupaten Situbondo, Wawan Setiawan mengatakan, mementum Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah ini merupakan salah satu hari raya umat muslim yang setiap tahunnya dirayakan oleh masyarakat yang beragama Islam.

"Sesuai dengan visi-misi Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo dalam mewujudkan masyarakat yang berakhlak, sejahtera, adil dan berjaya serta membangun masyarakat Kabupaten Situbondo beriman dalam beragamaan, maka Pemkab Situbondo pada peringatan Idul Adha 1445 Hijriyah memaksimalkan kegiatan Idul Adha dari tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.

Lebih lanjut, Wawan menyampaikan, dengan dilaksanakannya Gema Takbir Idul Adha dan penyembilihan hewan qurban di 17 kecamatan merupakan wujud nyata hadirnya Pemkab Situbondo di tengah-tengah masyarakat.

"Rangkaian kegiatan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah ini diawali dengan Rukyatul Hilal awal Dzulhijjah 1445 Hijriyah yang dilaksanakan di Pelabuhan Kalbut, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Gema Takbir Idul Adha serta penyembilihan hewan qurban di pondok-pondok pesantren dan masjid-masjid di 17 kecamatan wilayah Kabupaten Situbondo,”pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi dalam sambutannya menyatakan, Pemkab Situbondo setiap tahun rutin melaksanakan Gema Takbir Idul Adha bersama Forkopimda, Kepala OPD Pemkab Situbondo, tokoh agama, para habaib, para kiai, ketua organisasi keagamaan Islam dan masyarakat.

"Perayaan Hari Raya Idul Adha dirayakan setiap tahun oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Dan bertepat dengan Idul Adha, seluruh umat Islam di penjuru dunia sedang menunaikan ibadah haji dan melaksanakan wukuf di Arafah. Merka menggunakan pakaian serba putih. Hal tersebut melambangkan persamaan kaidah,”ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini menjelaskan, bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan ibadah haji, maka mereka diberikan kesempatan untuk melakukan qurban sebagai wujud ketaqwaan terhadap Allah SWT. “Mari kita bersama-sama mendoakan jemaah haji asal Kabupaten Situbondo agar selalu diberikan kesehatan, kemudahan dan kelancaran dalam menunaikan ibadah haji. Sehingga bisa menjalankan ibadah-ibadah sunah lainnya," bebernya.

Tak hanya itu yang disampaikan Bupati Situbondo dalam sambutannya, namun dia mengajak kepada semua umat muslim Situbondo untuk mengenang kembali ketaqwaan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT. Sebab, ibadah kurban yang selalu dilaksanakan pada hari raya Idul Adha mempunyai kisah dan sejarah yang tidak bisa dilepaskan dari sosok Nabi Ibrahim AS dan anaknya Nabi Ismail AS.

“Sebagai rasul yang diutus oleh Allah SWT, Nabi Ibrahim AS rela dan mengiklaskan putra tercintanya Nabi Ismail AS untuk disembelih sebagai qurban. Namun, berkat ketaqwaannya kepada Allah SWT dan keiklasannya, maka datang keajiban dari Allah SWT, sehingga Nabi Ismail AS selamat dari kematian. Saat itulah Allah SWT menurunkan firmanya sekaligus menjawab berbagai pertanyaan Nabi Ibrahim AS," tambah Bupati Situbondo.

Di hari yang bersejarah ini, Bung Karna mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo untuk terus meningkatkan rasa syukur dan taqwa kepada Allah SWT agar selalu mendapat barokah serta ampunanNya. “Pada momentum Idul Adha ini, mari kita bersama-sama meningkatkan syukur dan taqwa kepada Allah SWT," tutupnya.

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 53X