Pemkab Situbondo Bakal Salurkan BLT DBHCHT, Sasaran Ribuan Penerima
05 Sep
Pemkab Situbondo Bakal Salurkan BLT DBHCHT, Sasaran Ribuan Penerima

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Sosial bakal menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2023. 

 

Dinas Sosial Situbondo mencatat ada sekitar 3.697 orang yang nantinya akan menerima bantuan tersebut. Mereka adalah buruh pabrik rokok sebanyak 151 orang, buruh pabrik rokok yang terkena PHK ada 10 orang, serta buruh tani tembakau sebanyak 3.536 orang. 

 

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, BLT diberikan bagi masyarakat kurang mampu di sejumlah wilayah penghasil tembakau. Ini menjadi upaya pemerintah daerah agar masyarakat yang tidak mampu bisa menikmati bantuan sebaik-baiknya. 

 

Terlebih, saat ini kondisi kebutuhan pokok, seperti beras sudah mengalami kenaikan harga. Ini dikhawatirkan bisa berdampak terhadap inflasi daerah. 

 

"Saya berharap ini bisa tepat sasaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujarnya saat membuka sambutan dalam acara Sosialisasi BLT DBHCHT, Selasa (5/9/2023). 

 

Ia pun meminta agar BLT DBHCHT ke depan bisa lebih merata lagi. Artinya, tak hanya menyasar 14 kecamatan yang disebut sebagai penghasil tembakau. 

 

Melainkan, juga menyasar masyarakat kurang mampu lainnya. Karena, bagaimana pun penghasil tembakau tak akan bisa bergerak manakala tak ada perokok. "Agar DBHCHT lebih lues lagi," ujarnya. 

 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Situbondo, Timbul Surjanto mengatakan, bahwa penerima bantuan ini berasal dari 14 kecamatan yang ada di Bumi Sholawat Nariyah ini. "Penerima dari 14 kecamatan," pungkasnya.

 

Untuk informasi, sebelum penyerahan bantuan dilakukan. Pemerintah kabupaten Situbondo, melalui Dinas Sosial menggelar sosialisasi terkait BLT DBHCHT ini. Seluruh, instansi terkait hingga tingkat kecamatan diajak serta. 

 

Bahkan, pengawasan dari Polres Situbondo, dan Kejaksaan Negeri juga turut dihadirkan memberikan materi sosialisasi. 

 

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 415X