Pemkab Situbondo Anggarkan Rp7 Miliar Lebih Untuk Insentif Ribuan Guru Ngaji
07 Mar
Pemkab Situbondo Anggarkan Rp7 Miliar Lebih Untuk Insentif Ribuan Guru Ngaji

SITUBONDO - Kenaikan insentif guru ngaji dan guru minggu merupakan janji politik Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan Wabup, Nyai Hj Khoitani semasa kampanye Pilkada 2020. Untuk itu mereka berdua tidak main-main dalam menggelontorkan anggaran di tahun 2022.

Di tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menganggarkan Rp7.207.500.000 untuk merealisasikan program tersebut. Dimana nantinya 4.805 guru ngaji dan guru minggu di Kota Santri Pancasila akan menerima inserif sebesar Rp1,5 juta pertahunnya.

“Karena berkat guru ngaji dan guru minggu inilah anak-anak bapak ibu bisa baca, tulis Al-quran. Sehingga perlu kita perhatikan kesejahteraannya,” ujarnya Bupati dalam sambutannya di acara sosialisasi program dan kegiatan pembangunan tahun 2022, Senin (7/3/2022). Kegiatan tersebut berlangsung di Pendapa Kecamatan Situbondo.

Orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini mengatakan, insentif tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan ribuan guru ngaji dan guru minggu. “Sebab tugas beliau-beliau ini sangat mulia. Yakni mendidik dan mengajari anak-anak di Kota Santri Pancasila ilmu agama. Terutama baca dan tulis Al-quran,” tambahnya.

Lebih lanjut, Bupati 54 tahun ini menyampaikan, insentif guru ngaji dan guru minggu itu mengalami kenaikan yang signifikan bila dibandingkan pada tahun 2020 lalu. “Dimana setiap tahunnya beliau-beliau menerima uang tunai sebesar Rp1.5 juta. Sementara, di tahun 2020 hanya Rp1,1 juta pertahunnya. Berarti mengalami kenaikan sebesar Rp400 ribu,” bebernya.

Lebih lanjut, bapak dua anak ini menerangkan, insentif guru ngaji dan guru minggu itu nantinya akan langsung di transfer ke nomor rekening mashing-masing yang sebelumnya diterima. “Memang jumlahnya tidak seberapa, namun setidaknya bisa membantu memenuhi kebutuhan hidup. Khusunya dimasa pandemi Covid-19 saat ini,” tukasnya.

Lebih jauh, pria asal Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa ini menyampaikan, pihaknya akan menaikkan insentif guru ngaji dan guru minggu, bila mana anggaran Pemkab Situbondo sudah memadai Untuk itu. “Kalau APBD kita sudah cukup untuk itu, pasti kami tambah (insentif guru ngaji dan guru minggu -red),” pungkasnya.

Hadir dalam acara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi, Ketua TP-PKK, Juma’ati Karna Suswandi, Wabup, Nyai Hj Khoirani, jajaran Kepada OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo, para Staf Ahli dan Asisten, Forkopimka Situbondo, Kades dan Lurah se-Kecematan Situbondo, dan tokoh masyarakat serta agama. (Humas & Protokol).


Dibaca : 116X