Pelantikan IDI Situbondo, Bupati Paparkan Program Sehati
12 Mar
Pelantikan IDI Situbondo, Bupati Paparkan Program Sehati

SITUBONDO – Bupati Situbondo, Karna Suswandi memaparkan program sehat gratis (Sehati) bagi warga miskin yang ada di Kota Santri Pancasila. Dimana mereka hanya tinggal menunjukkan e-KTP.

Hal tersebut disampaikan oleh pria yang akrab disapa Bung Karna saat menghadiri acara pelantikan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Situbondo periode 2021-2024. Acara itu berlangsung di Pendapa Graha Amukti Praja, Sabtu (12/3/2022).

“Sehati ini adalah program unggulan saya dan Nyai Khoi. Jadi warga yang tergolong kurang mampu dan itu tidak tercover di BPJS Kesehatan serta KIS, bisa menggunakan Sehati,” ujarnya.

Bupati 54 tahun ini menyampaikan, pihaknya meminta dukungan kepada para dokter agar pelayanan program Sehati bisa berjalan dengan baik. “Saya juga berharap pihak rumah sakit tidak lagi menggunakan uang jaminan bagi pasien yang belum menyelesaikan administrasi bukti pembayaran saat hendak pulang,” tambahnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengakui, dirinya masih mendapat keluhan dari masyarakat adanya pasien yang diminta uang jaminan karena belum menyelesaikan administrasi saat akan pulang. “Saya minta kejadian semacam ini jangan sampai terulang lagi meski itu hanya untuk kebutuhan administrasi,” tegasnya.

Lebih jauh, Bung Karna menyampaikan, untuk mendukung program kesehatan gratis bagi masyarakat miskin di Kota Santri Pancasila, tahun 2022 ini Pemkab menganggarkan Rp24 miliar

“Yang Rp14 miliar untuk pembayaran BPJS Kesehatan kepada 30 ribu warga miskin. Kemudian Rp10 miliar untuk program Sehati,” singkatnya.

Bupati yang dikenal murah senyum ini menjelaskan, program Sehati sudah banyak dimanfaatkan warga miskin. Sebab program ini dinilai tidak ribet, karena pasien  yang mau berobat cukup menunjukan e-KTP. “Pada bulan Juni sampai Desember tahun 2021 lalu, ada 1. 311 warga miskin memanfaatkan program Sehati tersebut,” bebernya. (Prokopim).


Dibaca : 156X