Pantau Harga Bapok, Bung Karna Pimpin Forkopimda Situbondo Sidak Pasar Ardirejo
07 Sep
Pantau Harga Bapok, Bung Karna Pimpin Forkopimda Situbondo Sidak Pasar Ardirejo

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi, beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) bahan kebutuhan pokok (Bapok) di Pasar Senggol, Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Panji, Rabu (7/9/2022). Tujuannya untuk memantau harga pasca kenaikan harga BBM.

 

Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, kenaikan harga BBM rupanya tidak terlalu berdampak terhadap harga Bapok di Situbondo. "Kami menemukan fakta di lapangan, bahwa harga kebutuhan pokok ternyata fluktuatif. Bahkan banyak kebutuhan pokok masyarakat yang setelah kenaikan BBM malah mengalami penurunan turun. Tetapi ada beberapa juga yang mengalami kenaikan," ujarnya.

 

Lebih lanjut, Bung Karna menyampaikan, kenaikan harga yang paling tinggi terjadi pada cabai. "Cabai ini kenaikan harganya cukup signifikan ya. Cabai rawit merah naik dari Rp37 ribu per-kilogram, naik menjadi Rp50 ribu per-kilogram. Dan cabai besar merah dari Rp35 ribu per-kilogram, menjadi Rp52 ribu per-kilogram," tambahnya.

 

Bupati 55 tahun ini mengungkapkan, telur ayam boiler mengalami penurunan harga. Dari yang awalnya Rp31 ribu per-kilogram menjadi Rp28 ribu per-kilogram. 

 

"Kemudian bawang merah, bawang putih, tomat, kentang semuanya turun. Hanya wortel yang mengalami kenaikan, Insya Allah Rp2 ribu per-kilogram. Untuk beras masih stabil ya, beras yang IR 64 itu diharga Rp10 ribu per-kilogram. Kemudian beras IR 64 super harganya itu Rp11 ribu per-kilogram," beber Mantan Kadis PUTR Lumajang ini.

 

Lebih jauh, orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini menegaskan, stok Bapok di pasar-pasar tradisional di Situbondo terbilang aman. "Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat Situbondo untuk berbelanja seperti biasanya, jangan memborong kebutuhan pokok. Karena bila itu dilakukan, maka secara otomatis terjadi kelangkaan kebutuhan pokok dan itu menyebabkan harga menjadi naik," pungkasnya.

 

Untuk diketahui harga Bapok di Pasar Senggol, Kelurahan Ardirejo sebagai berikut : 

 

Cabai rawit merah naik dari yang Rp37 ribu per-kilogram menjadi Rp50 ribu per-kilogram, cabai merah besar naik yang awalnya Rp35 ribu per-kilogram, menjadi Rp52 ribu per-kilogram, tomat turun dari yang awalnya Rp3.000 per-kilogram menjadi ke Rp1.500 per-kilogram, bawang putih turun dari yang awalnya Rp25 ribu per-kilogram jadi Rp20 ribu per-kilogram, bawang merah turun dari yang awalnya Rp35 ribu per-kilogram jadi Rp25 ribu per-kilogram.

 

Kemudian daging ayam boiler naik dari Rp30 ribu per-kilogram naik menjadi Rp31 ribu per-kilogram, tempe stabil yang kecil Rp2.000 per-biji, untuk tempe dengan ukuran besar Rp6.000 per-biji, tahu stabil Rp2.000 per-lima bijinya, minyak goreng curah stabil diharga Rp12.500 per-liter, daging sapi stabil Rp110 ribu per-kilogram, daging kambing stabil diharga Rp160 ribu per-kilogram, dan gula pasir stabil Rp13 ribu per-kilogram. (Prokopim)


Dibaca : 222X