Panen Perdana Bibit Padi BK Situbondo, Ini Harapan Bupati
29 Mar
Panen Perdana Bibit Padi BK Situbondo, Ini Harapan Bupati

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi melakukan panen perdana calon bibit padi varietas unggul. Yakni BK Situbondo, Selasa (29/3/2022). Kegiatan tersebut berlangsung di lahan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kapongan.

Hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj Khoirani, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Hariyadi Tejo Leksono, Tim Pemulia BPP Padi Badan Litbang Kementan RI.

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, dirinya optimis nantinya hasil panen BK Situbondo bisa sampai 9 ton per hektare. “Ini adalah benih baru yang berkwalitas tinggi. Dimana nantinya akan menjadi ikon Situbondo,” ucapnya.

Lebih lanjut, Bupati 54 tahun ini mengungkapkan, keunggulan bibit BK Situbondo salah satunya adalah masa panen hanya berkisar 77 hari dari masa tanam. “Sehingga para petani bisa menanam padi 4 kali dalam satu tahun. Lebih banyak dari bibit padi pada umumnya,” tambahnya.

Bung Karna menyampaikan, dengan produktifitas yang tinggi itu, bisa meningkatkan pendapatan petani di Kota Santri Pancasila. “Maka secara otomatis kesejahteraan petani kita juga akan semakin mambaik,” imbuhnya.

Namun, Bung Karna menjelaskan, bibit padi itu masih belum bisa diedarkan ke petani. Sebab masih harus memalalui tahapan berikutnya.

“Kita akan uji coba di 11 daerah di 4 Provinsi. Yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Bali. Semoga hasilnya menu Asian,” pungkasnya. (Prokopim).


Dibaca : 163X