Obor Api Porprov VII Jatim Dikirab Keliling Situbondo
21 Jun
Obor Api Porprov VII Jatim Dikirab Keliling Situbondo

SITUBONDO - Obor api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim telah tiba di Situbondo, Selasa (21/6/2022). Obor tersebut diserahkan oleh Sekda Bondowoso, Bambang Soekwanto kepada Sekda Situbondo, Syaifullah di depan Polsek Situbondo Kota.

 

Dalam sambutannya, Sekda Situbondo, Syaifullah mengungkapkan, obor api tersebut langsung dikirab ke kecamatan yang ada di wilayah timur Situbondo. Mulai dari Panji, Kapongan, Arjasa, Asembagus dan Banyuputih.

 

"Alhamdulillah obor api Porprov VII siang ini kami terima dari Bondowoso. Hari ini juga obor api akan dikirab ke kecamatan di wilayah timur Situbondo," ujarnya di Halaman Mapolsek Situbondo Kota.

 

Menurut Syaifullah, setelah itu, obor api akan kembali ke Pendopo Aryo Situbondo, dan menginap satu malam. "Keesokan harinya (Rabu, 22 Juni 2022 -red), obor api akan kembali dikirab ke kecamatan di wilayah barat Situbondo. Sesampainya di Kecamatan Banyuglugur, obor api kembali diserahkan ke Panitia Besar Poprov VII Jatim untuk dikirab ke Kabupaten Lumajang," tegasnya.

 

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Situbondo, Deny Wahyu Pribadi mengatakan, kirab obor api tersebut menandakan dimulainya ajang Porprov VII Jatim. "Api porprov adalah api abadi yang diambil dari Gunung Ijen, pada tanggal 19 Juni 2022 dan diinapkan di Bondowoso. Hari ini (Senin, 21 Juni 2022) tiba di Situbondo," pungkasnya.

 

Lebih jauh, Deny mengungkapkan, dari 47 cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan dalam ajang Porprov VII Jatim, Situbondo menerjunkan 202 atlet untuk bertanding di 26 Cabor. Yakni futsal, basket, badminton, balap sepeda gunung, voli indoor, senam, tenis lapangan, atletik, tarung derajat, sepak takraw, woodball, pencak silat, balap sepeda, angkat berat, voli pantai, petanque, hoki pantai (indoor/outdoor), anggar, bina raga, renang perairan terbuka, selam, catur, panahan, tenis meja, menembak, dan taekwondo.

 

"Dari 26 Cabor tersebut 12 di antaranya bertanding di Situbondo. Mulai dari voli pantai, panjat tebing, renang perairan terbuka (open water swimming/OWS), selam (OBA), hoki pantai (indoor/outdoor), angkat berat, binaraga, anggar, dan petanque," tutupnya. (Prokopim)


Dibaca : 33X