Nyai Khorani Ajak Pelajar SMP Lawan Insecuritas
30 Nov
Nyai Khorani Ajak Pelajar SMP Lawan Insecuritas

SITUBONDO - Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj. Khoirani mengajak siswa-siswi SMP untuk melawan insecuritas (perasaan ragu, cemas, dan kurang percaya diri). Sebab insecuritas dapat mengganggu berbagai aspek hidup.

Hal tersebut disampaikan orang nomor dua di Kota Santri Pancasila ini saat menyampaikan sambutan dalam acara Seminar Peran Gen-Z Dalam Melawan Insecuritas, Kamis (30/11/2023). Acara tersebut berlangsung di Pendopo Aryo Situbondo.

"Insecuritas sebenarnya hal yang normal. Tapi jika berlebihan tidak baik untuk kesehatan mental. Maka dari itu, insecuritas ini harus kita lawan," ucapnya.

Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa Nyai Khoi ini mengatakan, ada beberapa ciri orang yang mengalami insecuritas. Di antaranya rendah diri, menghindari hubungan dekat dengan orang lain, cemas berlebihan dan perfeksionis.

"Kondisi ini bisa membuat orang cemas berlebihan, kehilangan percaya diri dan bisa menyebabkan ganguan mental. Seperti stres hingga depresi," imbuhnya.

Nyai Khoi mengungkapkan, dengan menerima kekurangan yang ada pada diri sendiri dan tidak menyalahkan diri sendiri ketika mengalami kegagalan adalah bentuk dalam mengatasi insecure. "Ini adalah bentuk mencitai diri sendiri yang dapat meningkatkan securitas seseorang serta mengurangi ganguan metal seperti stres dan depresi," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Situbondo, Imam Darmaji menjelaskan, seminar tersebut diselesaikan dalam rangka peringatan Hari Anak Se-Dunia Tahun 2023.

"Untuk pesertanya adalah anak-anak yang masuk generasi Z yang terdiri dari siswa-siswi SMP se-Kabupaten Situbondo serta pendamping dengan total 100. Untuk narasumber, yakni Dr. Arie Cahyono, S.STP., M.Si," ujarnya.

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 198X