Ngetrail Menuju Festival Petik Kopi Situbondo, Bung Karna : Jalan yang Rusak Segera Kita Bangun
22 May
Ngetrail Menuju Festival Petik Kopi Situbondo, Bung Karna : Jalan yang Rusak Segera Kita Bangun

SITUBONDO - Ada yang unik dari acara Festival Petik Kopi Situbondo yang digelar di Dusun Taman Dadar, Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa, Sabtu (21/5/2022). Yaitu kehadiran Bupati Situbondo, Karna Suswandi beserta rombongan dengan menaiki motor trail.

 

Menurut pria yang akrab disapa Bung Karna ini, kehadiran beserta rombongan dengan menaiki motor trail agar bisa mengetahui secara langsung kondisi jalan penghubung antar dusun di lokasi tersebut. "Tadi bisa kita lihat sendiri akses jalan disini menjadi kendada utama bagi para petani kopi arabika," ucapnya.

 

Untuk itu, orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini menyampaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo secara bertahap akan membangun jalan tersebut. "Tadi Pak Camat bilang masalah jalan, seharusnya tidak usah disampaikan. Karena tadi saya naik motor trail itu medannya memang ekstrim. Sehingga kita akan membangun jalan disini," tegas Bupati disambut riuh tepuk tangan para petani kopi arabika yang hadir.

 

Lebih lanjut, Bupati 55 tahun ini meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Pemukiman (DPUPP) Situbondo untuk menyiapkan anggaran pembangunan jalan tersebut. "Pak Gatot (Kadis PUPP Situbondo -red) tahun ini tersedia anggaran berapa untuk membangun jalan ini dari PEN. Ada Rp4 miliar kata Pak Kadis. Saya tadi ngomong Rp3 miliar, Kabidnya bilang Rp2 miliar, ikut yang Pak Kadis saja ya," tambahnya.

 

Lebih jauh, Bung Karna ini mengungkapkan, di tahun 2023, pihaknya akan mengalokasikan anggaran di DAK untuk menyelesaikan pembangunan jalan di lokasi tersebut. "Masukkan proposal DAK, kaitkan dengan Perpres nomor 80, sehingga tahun 2023 Taman Dadar selesai bisa ya," pungkasnya.

 

Sementara itu, salah satu petani kopi arabika di Dusun Taman Dadar, Menurut Riyanto menjelaskan, salah satu kendala utama yang dihadapi oleh para petani kopi arabika di Desa Curahtatal adalah akses jalan. "Harapan saya ya masalah jalan ini, soalnya kendalanya di jalan itu kan tidak ke bawah. Sehingga kita kesulitan," tukasnya. (Prokopim)


Dibaca : 189X