Meriahnya Maulid Nabi Muhammad di Situbondo, Ribuan Warga Berebut 69 Ancak Agung
16 Sep
Meriahnya Maulid Nabi Muhammad di Situbondo, Ribuan Warga Berebut 69 Ancak Agung

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelar Kirab Ancak Agung dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah, Sabtu (16/9/2023). Ancak yang berisi berbagai macam hasil bumi mulai dari buah-buahan hingga sayuran tersebut diarak dari depan Kantor KPU Situbondo hingga Masjid Al-Abror. 

 

Total ada 69 ancak agung yang diarak oleh 1.481 pegawai Pemkab Situbondo, BUMN, BUMD, RSUD, instansi vertikal, hingga perbankan. Pemberangkatan puluhan ancak agung tersebut dilakukan oleh Bupati Situbondo, Karna Suswandi, sekitar pukul 13.50 WIB. 

 

Dari pantauan Prokopim Situbondo, ribuan masyarakat nampak memadati sepanjang jalan yang dilalui kirab ancak agung. Sesampainya di Masjid Al-Abror, 69 ancak agung tersebut ditata di halaman hingga di dalam masjid yang berada di pusat kota ini. 

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengajian dan doa dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah. Namun sebelum doa selesai dibacakan, ribuan warga yang sudah lama menunggu langsung berebut buah-buahan, sayur-sayuran hingga bendera uang. 

 

Indah, salah satu warga mengatakan, dia sangat antusias berebut buah, sayur hingga bendera uang. Sebab prempuan asal Kelurahan Dawuhan ini meyakini buah, sayur hingga bendera uang tersebut membawa berkah dan rezeki. 

 

"Bahkan saya sengaja membawa kantong kresek dari rumah yang saya gunakan untuk menaruk buah dan sayur yang saya ambil. Nanti buahnya saya makan dengan keluarga dan sayuran saya masak. Untuk uangnya saya simpan di dompet, katanya buat memperlancar rezeki," ujarnya. 

 

Karena buah dan sayur yang ia ambil sangat banyak, Indah berencana akan membagikannya ke tetangga rumahnya. "Alhamdulillah tadi dapat banyak, nanti sebagian saya sisihkan untuk tetangga," bebernya. 

 

Perempuan 37 tahun ini berharap, kirab ancak agung ini diselenggarakan tiap tahunnya. Sebab acara tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi kirab. 

 

"Kalau tidak salah ini sudah yang kedua kalinya sejak Pak Karna jadi Bupati Situbondo. Tahun 2022 kemarin ada kok kirab ancak agung ini. Semoga di tahun-tahun yang akan datang tetap ada," pintanya. 

 

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi menyampaikan, tujuan dari kirab ancak agung ini adalah untuk melestarikan tradisi yang telah berlangsung selama bertahun-tahun. "Dan juga untuk merajut kebersamaan dan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW," ucapnya. 

 

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini berharap, masyarakat Situbondo bisa meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW. "Oleh karena itu, kita berharap ini bisa menjadi inspirasi bagi pegawai di Lingkungan Pemkab Situbondo dan masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari," tutupnya.

 

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 462X