Menteri PPN Launching Kopi Golden Wood Situbondo
18 Apr
Menteri PPN Launching Kopi Golden Wood Situbondo

SITUBONDO- Pemerintah Daerah Situbondo melaunching kopi spesialti Golden Wood (Kayu Mas, red), Minggu (18/4/2021). 

Launching ditandai dengan menekan tombol touch screen oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa dan Bupati Situbondo Karna Suswandi di Pendopo Kabupaten. 

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa, menerangkan, pihaknya bangga dengan kopi Situbondo yang meraih beragam penghargaan, bahkan dunia. 

Ke depan Situbondo diharapkan bisa mengindustrikan kopi ini sedemikian rupa. Yakni, dengan meningkatkan kapasitasnya. Mengingat pengakuan dunia sudah ada, dari penghargaan kopi luwak yang didapat.

"Sehingga bisa tersebar ke seluruh dunia. Kalau sekarang dilakukan secara kelompok-kelompok. Kalau kelompok ini kan nilai tambahnya rendah," katanya.

Ia menyebut bahwa jika kopi didorong secara industri maka kompleksitasnya akan membesar ke bawah dan dalam. Akhirnya, nilai tambahnya bisa dirasakan oleh masyarakat Situbondo. 

Menurut Bupati Situbondo, Karna Suswandi, kopi arabika kayu mas ini merupakan kopi tertua dibanding kopi dari wilayah lainnya. 

Belum lagi, kopi kayu mas baik jenis arabika, robusta dan luwak ini telah memperoleh beragam penghargaan karena kualitasnya. 

Di antaranya yakni kopi kayu mas pada tahun 2010 menjadi juara I untuk kopi jenis srabika. kemudian, pernah menjadi juara 1 nasional kopi robusta. Dan tahun 2016 pernah menjadi juara dunia kopi luwak arabika. 

"Kebahagiaan bagi kami, kopi kayu mas ini bisa dilaunching Pak Menteri," bebernya. 

Ia menerangkan kopi kayu mas ini telah mendapatkan Indikasi geografis. 

Kini sendiri pengembangan kopi kayumas mencapai 1.500 hektar, dan 20 persen di antaranya kopi kayu mas jenis robusta. Sisanya kopi kayu mas arabika. 

Bung Karna mengaku bahwa penyebutan Golden Wood yang bermakna Kayu Mas. Dikandung maksud agar nantinya kopi ini bisa menjadi kayu penyangga ekonomi masyarakat untuk meraih emas (kesejahteraan, red).

Usai launching Bupati Karna Suswandi bersama Menteru PPN menengok stand kopi milik sejumlah pelaku kopi kayu mas.(HUMAS)


Dibaca : 124X