Menparekraf Pilih Ponpes Sukorejo Sebagai Lokasi Konvensi Wisata Religi Dunia
14 Jan
Menparekraf Pilih Ponpes Sukorejo Sebagai Lokasi Konvensi Wisata Religi Dunia

SITUBONDO - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Situbondo, Sabtu (14/1/2023). Salah satu lokasi yang dikunjungi politisi pria yang juga seorang pengusaha ini adalah Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo. 

 

Dalam kesempatan itu, Sandiaga mengawali acaranya dengan ziarah ke makam KHR. Syamsul Arifin; KHR. As'ad Syamsul Arifin dan KHR. As'ad Syamsul Arifin. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah di kediaman KHR. Achmad Azaim Ibrahimy. Dan berlanjut dengan meresmikan Kawasan Wisata Religi Sukorejo. 

 

Dalam konferensi pers, Sandiaga menyampaikan, Kemenparekraf Republik Indonesia menggagas Konvensi Wisata Religi Dunia Tahun 2024 digelar di Situbondo. "Alhamdulillah pembangunan wisata religi tahap pertama ini sudah rampung dan kita resmikan hari ini (Sabtu -red). Namun ini masih ada tahap-tahap berikutnya," ucapnya. 

 

Sandiaga melanjutkan, rencananya konvensi tersebut rencananya dihadiri oleh tujuh perwakilan negara muslim. "Diantaranya Turki, Uzbekistan, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Maroko dan negara di Eropa," imbuhnya. 

 

Sandiaga optimis, nantinya Situbondo bisa menjadi pusat wisata religi di Tapal Kuda. Sehingga berdampak terhadap kunjungan wisatawan, khususnya mancanegara ke Kota Santri Pancasila. "Nanti kita buatkan juga peta perjalanannya dan salah satu pemberhentiannya di sini (Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo -red). Kemudian stand-stand UMKM juga harus ada," beberapa. 

 

Di tempat yang sama, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, mengapresiasi gagasan Menparekraf tersebut. Sehingga pihaknya bakal mensupport penuh apa yang kebutuhan event itu. 

 

"Pemkab Situbondo pasti menyiapkan diri untuk bisa mensukseskan itu. Oleh karena itu, berbagai persiapan pasti kita laksanakan sampai pada acara nanti. Pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah -red) terkait saya minta untuk berkoordinasi mensukseskan acara ini," tegasnya. 

 

Di tempat yang sama, Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, KHR. Achmad Azaim Ibrahimy, mendukung penuh Konvensi Wisata Religi Dunia ini. "Karena pesantren adalah tumbuh kembannya bersama masyarakat, tentu konsepnya harus melibatkan seluruh lapisan masyarakat," pungkasnya. (Prokopim)


Dibaca : 76X