LPJT  Bupati Cup II Situbondo Diikuti Ribuan Peserta, Mayoritas Dari Jawa Timur
18 May
LPJT Bupati Cup II Situbondo Diikuti Ribuan Peserta, Mayoritas Dari Jawa Timur

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi membuka Liga Perkutut Jawa Timur (LPJT) Bupati Cup II Situbondo, Sabtu, 18 Mei 2024. Acara tersebut berlangsung di Lapangan PG Wringinanom, Kecamatan Panarukan.

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan, LPJT Bupati Cup II Situbondo ini berlangsung selama dua hari. Yakni Sabtu-Minggu, 18-19 Mei 2024.

"Alhamdulillah pemerintah kabupaten Situbondo kembali menyelenggarakan event liga perkutut tingkat Jawa Timur. Dan ini sudah yang ketiga kali," ujarnya.

Menurutnya, LPJT Bupati Cup II Situbondo merupakan salah satu event tahunan Pemkab Situbondo. "Oleh karena itu, kita berharap event ini semakin meningkat dan masyarakat luar bisa tahu di Situbondo ada agenda rutin liga perkutut," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia LPJT Bupati Cup II Situbondo, Samsuri mengatakan, ada ribuan penghobi burung perkutut yang menjadi peserta LPJT Bupati Cup II Situbond. Sebagai besar mereka berasal dari berbagai wilayah di Provinsi Jawa Timur. "Ini event regional, tetapi ada juga peserta yang dari Bali, Solo, bahkan ada peserta yang dari Bandung," terangnya.

Lebih lanjut, Samsuri mengungkapkan, di hari Sabtu, 18 Mei, ada dua katagori yang dilombakan. Yakni piyek yunior, usia 4 hingga 1 tahun dan hanging, usia 2 hingga 4 bulan. Dengan jumlah peserta sekitar 600 lebih.

"Kemudian yang hari Minggu, 19 Mei katagori kelas dewasa bebas, usia 1 tahun atau lebih. Untuk pesertanya sekitar 400 lebih. Sehingga totalnya ada seribu lebih," bebernya.

Pria yang menjabat sebagai Kepala BKPSDM Kabupaten Situbondo ini menjelaskan, tujuan dari acara tersebut yakni untuk membangun persatuan dan kesatuan sesama komunitas atau penggemar burung perkutut.

"Kemudian untuk membangun silahturahmi antara komunitas atau penggemar burung perkutut, memberikan kesempatan dan fasilitas kepada para komunitas pecinta burung perkutut untuk menguji kualitas dan melatih mental burung perkututnya. Namun dilakukan penilaian dan kepada yang berprestasi akan diberikan penghargaan," pungkasnya.

Untuk diketahui, bagi peserta yang beruntung akan mendapat beberapa hadiah dari panitia. Mulai dari sepeda motor, kulkas, sepeda gunung dan hadian menarik lainnya. Untuk doorprizenya yaitu satu unit mobil yang akan diundi pada hari Minggu, 19 Mei 2024.

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 136X