Lomba Gerak Jalan Meriahkan HUT RI ke-77 dan Harjakasi ke-204 di Situbondo
04 Sep
Lomba Gerak Jalan Meriahkan HUT RI ke-77 dan Harjakasi ke-204 di Situbondo

SITUBONDO - Pemkab Situbondo melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) menggelar lomba gerak jalan katagori SD, SMP dan umum. Acara tersebut berlangsung selama dua hari. Yakni Sabtu dan Minggu, 3-4 September 2022.

 

Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) RI ke-77 dan Harjakasi ke-204. "Harapannya dengan lomba bisa menumbuhkan rasa disiplin pada peserta, sekaligus sebagai sarana olahraga dan hiburan bagi masyarakat," ujarnya.

 

Orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini menjelaskan, lomba gerak jalan ini diikuti oleh ratusan peserta. "Untuk yang hari Sabtu itu ada sekitar 137 peserta, dengan katagori SD-sederajat. Kemudian yang hari Minggu, katagori SMP- sederajat ada 65 peserta dan katagori umum ada 70 peserta," tambah Bupati 55 tahun ini.

 

Pria yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan, dengan adanya lomba gerak jalan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan pelaku UMKM yang ada di sekitar Kota Situbondo. Sehingga kesejahteraan mereka pun semakin membaik.

 

"Lebih-lebih finishnya kami tempatkan di Pasar Mimbaan. Paling tidak ke depan ekonomi di Pasar Mimbaan bisa bergeliat lagi," tegas Mantan Kadis PUPR Bondowoso ini.

 

Oleh karena itu, Bung Karna mengungkapkan, lomba gerak jalan ini akan diselenggarakan tiap tahun. "Dua tahun terakhir kan tidak ada acara seperti ini (lomba gerak jalan -red) karena pandemi Covid-19. Ke depan kami akan gelar setiap tahunnya," tutup pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini.

 

Sekedar informasi, rute lomba gerak jalan SD-sederajat, dimulai dari Alun-alun Situbondo - Jalan Cendrawasih - Jalan Merak - Jalan Jaksa Agung Suprapto - Jalan PB Sudirman - dan finish di depan Masjid Agung Al-Abror.

 

Sedangkan untuk kategori SMP-sederajat dan umum dimulai dari Alun-alun Situbondo - Jalan Cendrawasih - Jalan Merak - Jalan Jaksa Agung Suprapto - Jalan PB Sudirman - Jalan Achmad Jakfar - Jalan Diponegoro - Jalan Irian Jaya - dan finish di Pasar Mimbaan. (Prokopim)


Dibaca : 191X