Lantik Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Situbondo, Begini Pesan Arum Sabil
10 Feb
Lantik Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Situbondo, Begini Pesan Arum Sabil

SITUBONDO - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Arum Sabil melantik Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Situbondo, Kamis (10/2/2022). Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Graha Amukti Praja.

Dalam sambutannya Arum Sabil mengatakan, Anggota Pramuka Situbondo harus bisa menjadi pelopor kemandirian, khususnya tebu. Sebab tanaman yang memiliki masa panen sekitar setahun ini menjadi icon Kota Santri Pancasila.

"Tebu ini termasuk tanaman pangan. Sehingga harus dijaga dan dilestarikan, khususnya oleh masyarakat Situbondo," ujarnya.

Lebih lanjut, Arum Sabil menyampaikan, Letak geografis Kabupaten Situbondo yang strategis, tepatnya dikawasan Pantura dengan tekstur tanah yang subur menjadikan kawasan tersebut sangat cocok untuk ditanami ditanami tebu. "Sehingga tidak heran bila Belanda itu mendirikan PG hingga 6 tempat," imbuhnya.

Lebih jauh, Arum Sabil mengungkapkan, tantangan bangsa Indonesia di masa yang akan datang, tepatnya 30 tahun kedepan adalah masalah pangan dan energi. Sebab jumlah penduduk mengalami kenaikan yang signifikan sementara itu, lahan pertanian semakin menyempit.

"Jadi saya harap setiap Anggota Pramuka, khususnya Situbondo harus mempunyai sifat kemandirian dan bermanfaat untuk orang lain. Mengingat masalah serius yang kita hadapi 30 kedepan atau sekitar tahun 2050 adalah persoalan pangan dan energi. Bagaimana caranya antara pertanian, perkebunan dan peternakan ini saling terintegrasi," imbuhnya.

Arum Sabil juga berharap, supaya Kementerian BUMN dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo, menjadikan pabrik gula (PG) yang mati sebagai tempat edukasi bagi masyarakat.

"Menurut saya dari pada pabrik itu tidak dimanfaatkan dan terbengkalai tidak terurus, maka Menteri BUMN bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk menjadikan PG yang mati itu sebagai tempat edukasi. Sehingga menjadikan semangat bahwa pabrik-pabrik ini mempunyai nilai ekonomis untuk masyarakat pedesaan," pungkasnya.

Sementara, Ketua Majelis Pembina Cabang Gerakan Pramuka Situbondo, Karna Suswandi menegaskan, pihaknya siap untuk menindaklanjuti arahan dari Arum Sabil tersebut. "Ini menjadi penyemangat buat kami semua untuk terus mengabdikan diri kepada masyarakat Situbondo. Khususnya lewat pertanian, perkebunan dan peternakan," tuturnya. (Humas & Protokol).


Dibaca : 247X