Lantik Kades Klatakan, Bung Karna : Tugas Kades Lebih Kompleks
24 May
Lantik Kades Klatakan, Bung Karna : Tugas Kades Lebih Kompleks

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala Desa (Kades) Klatakan hasil pemilihan antara waktu (PAW), Narwiyoto, Selasa (24/5/2022). Kegiatan tersebut berlangsung di pendapa balai desa setempat.

 

Hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj Khoirani, Sekdakab, Syaifullah, Ketua Komisi I DPRD, Hadi Prianto, jajaran Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo, dan Forkopimka Kendit. 

 

Dalam sambutannya, Bupati 55 tahun ini mengatakan, tugas Kedes lebih kompleks bila dibandingkan dengan anggota DPRD dan kepala daerah. Sebab dia bersentuhan langsung dengan warga yang memiliki ekspektasi beragam.

 

"Beda dengan anggota dewan. Kalau legislatif itu berkolaborasi dengan eksekutif bagaimana peraturan itu bisa dilakukan dengan baik. Tetapi Kades itu langsung berhadapan warganya, sehingga saya meminta kepada Pak Narwiyoto untuk sering-sering bersabar," ujarnya disambut riuh tepuk tangan para undangan yang hadir.

 

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini mengungkapkan, semakin bertambahnya waktu, maka harapan masyarakat kepada pemerintah desa juga semakin semakin besar. Sehingga disitu Kades harus bisa menampung segala aspirasi warga dengan mempertimbangkan keuangan pemerintah desa.

 

"Ketika pandemi Covid-19 ini berakhir, harapan masyarakat semakin besar. Warga ingin APBDes itu harus untuk pembangunan. Padahal disitu juga ada gaji perangkat desa, biaya operasional dan lain sebagainya yang harus dialokasikan oleh pemerintah desa," bebernya.

 

Namun, Bung Karna optimis Desa Klatakan akan lebih maju ditangan Kades Narwiyoto. "Saya meyakini dengan pengalaman beliau yang pernah menjadi anggota dewan, bisa menjadikan desa ini semakin maju dan rakyatnya sejahtera," pungkasnya.

 

Sekedar informasi, Narwiyoto terpilih sebagai Kades Klatakan setelah memperoleh 83 suara di pemilihan antar waktu beberapa waktu yang lalu. Dia mengungguli dua kandidat lainnya. (Prokopim)


Dibaca : 429X