KPK Monev Pencegahan Korupsi Terintegrasi Pemkab Situbondo
28 May
KPK Monev Pencegahan Korupsi Terintegrasi Pemkab Situbondo

SITUBONDO - Bupati Situbondo, Karna Suswandi beserta jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menggelar rapat koordinasi program pencegahan korupsi terintegrasi dengan Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Selasa, 28 Mei 2024. Acara tersebut berlangsung di ruang Intelligence Room (IR) Pemda Situbondo. 

 

Koordinator Unit Politik Deputi Pencegahan KPK, Alfi Rahman Waluyo menyampaikan, semenjak tahun 2019, lembaga anti rasuah ini mempunyai progam pencegahan korupsi terintegrasi yang dilakukan di seluruh Pemda. "Nah kami di sini melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program tersebut," ujarnya. 

 

Alfi melanjutkan, program pencegahan korupsi terintegrasi ini merupakan upaya mencegah tindak pidana korupsi di lingkungan pemerintah daerah. "Tetapi meskipun hasilnya bagus itupun belum tentu 100 persen bebas dari korupsi. Tetapi kami melihat di Situbondo relatif cukup baik," tegasnya. 

 

Lebih lanjut, Alfi mengapresiasi komitmen Bupati Situbondo dan jajaran kepala OPD untuk melakukan upaya peningkatan program pencegahan korupsi terintegrasi. "Oleh karenanya, kami bersama-sama melakukan monitoring apakah komitmen tersebut bisa terlaksana dengan baik atau tidak," tegasnya. 

 

Menurutnya, nilai Monitoring Center for Prevention (MCP) Pemkab Situbondo di tahun 2023 cukup tinggi, yakni 90,5. Nilai tersebut menempatkan Pemkab Situbondo di peringkat 22 dari 39 kabupaten/kota se-Jawa Timur. 

 

"Untuk nilainya itu 90,5. Situbondo ini cukup baik ya ada di papan tengah. Tetapi dengan komitmen bapak bupati dalam upaya peningkatan program pencegahan korupsi apakah MCP Situbondo bisa naik di tahun ini," imbuh Alfi. 

 

Oleh karena itu, KPK mendorong Pemkab Situbondo untuk memperbaiki sektor perizinan dan inovasi peningkatan pajak daerah. "Tetapi sekali lagi tadi bapak bupati dan kepala Bapenda berkomitmen untuk melakukan perbaikan-perbaikan. Kami lihat realisasinya nanti," pungkasnya. 

 

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi mengungkapkan, Pemkab Situbondo terus berupaya untuk meningkatkan pencegahan korupsi terintegrasi. "Tentunya ini sesuai dengan hal-hal yang ditekankan oleh KPK. Kami juga segera menindaklanjuti berbagai masukan dari KPK. Ini sebagai upaya kami untuk mencegah korupsi," ucapnya. 

 

 

(Prokopim Situbondo)


Dibaca : 249X